Rabu, 01 April 2020

JT 010420 : ABK MSC Splendida Tiba Di Indonesia


Seperti halnya anak buah kapal (ABK) lain, yang sudah terlebih dulu balik dari luar negeri dan di fasilitasi kepulangannya ke Tanah Air oleh pemerintah, kali giliran ABK kapal pesiar MSC Splendida yang tiba di Indonesia.

Upss ada nama MSC nih. Biasanya kita mengenal nama MSC / Mediterranean Shipping Co. klo berurusan dengan kapal kontainer, rupanya kali ini berurusan dengan kapal pesiar dan sayangnya kapalnya gak singgah dimari, jadi agak aneh.

 Pemerintah Indonesia memfasilitasi pemulangan 316 WNI yang menjadi ABK MSC Splendida, dari Genoa Italia. Saat ini Italia pun sedang dirundung malang akibat wabah Coronavirus yang sedang mengganas.

Sebelum dipulangkan para ABK sudah menjalani test kesehatan dan negatif Covid-19. Dikutip dari keterangan pers, Rabu 01/04/2020, seluruh ABK kembali ke Tanah Air menggunakan pesawat komersil Qatar Airways dan tiba di Denpasar 30/03/2020.

Dalam keterangannya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Selasa 31/03/2020, Kemenlu mencatat jumlah ABK yang bekerja di 80 kapal pesiar mencapai 11.838 orang dan diyakini jumlahnya terus bergerak.

Sebelumnya, ABK dari kapal pesiar seperti Grand Princess, Diamond Princess + World Dream juga sudah pulang ke Tanah Air pada bulan lalu. Tinggal menunggu daftar ABK kapal mana lagi yang akan dipulangkan.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Zigzag Travel..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar