Selasa, 31 Maret 2020

JT 310320 : Akibat Corona, PHK Ancam Dunia


Hampir dapat dipastikan merebaknya wabah Coronavirus (Covid-19) di seluruh penjuru dunia mempunyai dampak yang luar biasa, khusunya bagi dunia bisnis. Libur sehari saja sudah merugi, apalagi jika berkepanjangan.

Bukan perkara salah siapa, kejadian ini bagi sebagian perusahaan sudah diumumkan sebagai “force major” tetapi sebagian lagi, sedang berusaha untuk mengamati perkembangan dalam 1-2 minggu kedepan.

Namun harus diakui, sejumlah maskapai penerbangan sudah mempertimbangkan merumahkan karyawannya, di Indonesia masih beruntung baru dikampanyekan bekerja dari rumah / work from home (wfh) tapi gaji tetap dibayar loh.

Jika berkepanjangan, harus waspada juga, apa yang terjadi diluar sana, baik pengurangan karyawan hingga pemotongan gaji, bisa juga diterapkan di Indonesia. Perusahaan akan berdalih supaya tetap survive dan itu kenyataan. Harap dipahami, jangan egois.

Sekarang kita cerita yang di Amrik sono ye karena yang didalam negeri bisa dibaca dengan mudah di media lokal ato tinggal nonton teve, sedangkan info logistik khan jarang terwakili dengan optimal di layar kaca. Mungkin ini bisa mewakili he he he.

Menurut laporan Total Quality Logistics (TQL) dan start-up Freightos asal Hong Kong, opsi merumahkan karyawan menjadi pilihan karena menurunnya volume transaksi tetapi perusahaan menjamin, layanan akan tetap optimal.

Covid-19 telah menghajar jaringan rantai pasok makanan dan juga menghantam berbagai industri lain di sektor resto, trucking serta ritel yang ada, seperti Macy’s, Nordstrom, Nike, Apple. Covid-19 diakui telah melumpuhkan ekosistem keuangan + supply chain.

Di Amrik sendiri, jika pemerintah gak mengambil tindakan nyata, angka pengangguran akan meroket hingga 20 persen dan jika ini terjadi, pastinya akan sangat mengkhawatirkan pemerintahan Trump.

Rujukan lain terkait informasi bisnis global yang berhubungan langsung dengan wabah Coronavirus / Covid-19, bisa dibaca juga di : JT 290320 : AirAsia Stop Layanan Awal April 2020, JT 240320 : Update 1 Coronavirus Di Indonesia, JT 230320 : Maskapai Penerbangan Global Tiarap Akibat Corona, JT 190320 : Korean, Air, Scoot, Cathay Alihfungsi Pesawat, JT 170320 : Pemerintah RI Perpanjang Masa Tanggap darurat, JT 150320 : Covid-19 Ancam 50 Juta Lapker Pariwisata, JT 140320 : Mehub RI Positif Corona, JT 080320 : Italia Karantina Warga Di 14 Propinsi, JT 070320 : Dampak Corona, KA Barang Terhenti, JT 060320 : Kru Kapal CMA CGM Negatif Coronavirus, JT 040320 : RRCina Kehilangan 6 Juta TEUs, JT 020320 : Indonesia Mulai Terkena Coronavirus.

Mari tetap ikhtiar terbaik, jaga jarak (social / physical distancing), jika memungkinkan terapkan pola kerja dari rumah (sebuah kemudahan luar biasa) dan hindari dulu acara kongkow2 karena wabah ini gak main2 dampaknya.

#dirumahaja
#workfromhome

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar