Sabtu, 04 April 2020

JT 040420 : Industri Penerbangan Dunia Tiarap Abiiiz


Boleh dikata, industri penerbangan memasuki masa suram di tahun 2020 ini saat wabah Coronavirus (Covid-19) begitu hebat melumpuhkan dunia dan gak cuma indusri penerbangan, semua sektor terkena dampaknya.

Hanya pecinta lingkungan yang bisa mensyukuri kondisi karena dengan adanya situasi seperti inilah industri bisa dihentikan (untuk sementara waktu) sehingga polusi udara di dunia, turun sangat drastis.

Tapi bagi kebanyakan pengusaha, yang terucap adalah bagaimana mengurangi rugi dan merumahkan karyawan dengan cara elegan. Pasalnya ini adalah kondisi force majeure dan gak bisa dihindari siapa pun.

Sejumlah maskapai penerbangan sudah memarkir pesawat komersilnya namun sebagian lagi mengkonversi pesawatnya agar bisa dimanfaatkan menjadi pesawat angkutan barang, gimana aja caranya, termasuk sewa pesawat dengan harga kompetitif.

Di sisi lain industri penerbangan sudah mengajukan utang gak kurang dari USD 17 Miliar dan jumlah yang gak sedikit. Setidaknya dana segede ini dipake buat bernapas selama beberapa bulan kedepan, hingga Corona teratasi dengan baik.

Dilansir Bloomberg, Senin 30/03/2020, operator penerbangan di Amrik menjadi yang paling aktif meminjam, US$12,5 Miliar setidaknya diminati maskapai penerbangan Amrik. Sisanya menyusul Singapura + Inggeris.

Delta Air Lines Inc. menjadipeminjam teratas, yakni USD 5,6 Miliar, diikuti oleh Singapore Airlines, yang memperoleh pinjaman senilai 4 Miliar dolar Singapura ato USD 2,8 Miliar + United Airlines Holdings Inc., yang mendapat USD 2,5 Miliar.


Bahkan produsen pesawat besar sekelas Boeing pun menawarkan pengakhiran kerja kepada seluruh karyawannya.yang berjumlah 116.000 orang. Dari produsen Airbus ato yang lain masih belum tersiar berita serupa.

Boeing mengalami tekanan besar dari seluruh penjuru dunia. Wabah corona atau Covid-19 yang telah menginfeksi sebagian besar negara di dunia membuat otoritas setempat memangkas jadwal penerbangan. Menurut perkiraan Cirium, sekitar 44 persen armada pesawat di seluruh dunia saat ini berhenti beroperasi.

Ikut prihatin.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar