Rabu, 29 April 2020

JT 290420 : HMM Operasikan Kapal Terbesar 24.000 TEUs


Awal April 2020 menjadi tahun kebangkitan bagi HMM. Diterima sebagai anggota penuh aliansi strategis THE Alliance + HMM akan mengoperasikan kapal kontainer terbesar di dunia dengan kapasitas 24.000 TEUs.

Kapal pertama dari seri 24.000 TEUs yakni HMM Algeciras, dari total 12 unit yang dipesan. Terhitung 1 April 2020 juga nama yang akan dipake selanjutnya HMM, bukan lagi Hyundai Merchant Marine Co.

Presiden HMM, Bae Jae Hoon menjelaskan tujuan ekspansi agar kehadirannya diakui di industri pelayaran via optimalisasi manajemen armada + bekerjasama dengan mitra anyar di THE Alliance.

Kapal2 anyar HMM dibangun di 2 (dua) galangan Korea Selatan : Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) dan Samsung Heavy Industry (SHI). DSME kebagian membangun 7 kapal sedangkan SHI 5 kapal.

Mo tahu spesifikasi kapal HMM Algeciras ? Panjang keseluruhan 399,9 meter alias 400 meter kurang 1 meter doank, beam 61 meter, nominal kapasitas 23.964 TEUs dan saat ini dideklarasikan sebagai kapal kontainer terbesar di dunia.

Program peremajaan armada digaungkan HMM tahun 2018 dengan memesan 20 kapal anyar + canggih. DSME + SHI dapat jatah 12 kapal dan sisanya 8 x 16.000 TEUs jatuh ke genggaman Hyundai Heavy Industries (HHI).

HMM Algeciras akan ditugaskan di rute Far East Europe 4 (FE4) milik THE Alliance, dengan rotasi pelabuhan : Qingdao – Busan – Ningbo – Shanghai – Yantian – Terusan Suez – Rotterdam – Hamburg – Antwerp - London, diikuti Singapura via Terusan Suez.

Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi HMM, di saat sulit malah menghadirkan kapal canggih. Sampe2 Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in berharap HMM bisa menjadi kebanggaan nasional yang mampu mengibarkan bendera Korea Selatan.

Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Marinepathshala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar