Kamis, 09 April 2020

JT 090420 : Pelayaran Hadapi Masa Suram Di 2020


Sebenarnya gak cuma industrii pelayaran, hampir semua industri saat ini terdampak dengan merebaknya wabah Coronavirus (Covid-19) di seantero penjuru dunia, menyisakan pabrik farmasi / obat2an + bahan makanan yang boleh dibilang masih dibutuhkan masyarakat luas.

Lembaga konsultan yang berbasis di Inggeris, Maritime Strategies International (MSI) mengingatkan bahwa tahun 2020 bakal diliputi penurunan volume ekspor impor drastis, hingga bisa menimbulkan krisis keuangan baru.

Permintaan pasar di Eropa saat terganggu sehubungan dengan wabah Coronavirus yang menerjang daratan Eropa, dengan kondisi terparah yaitu Italia + Perancis sementara di belakangnya ada Inggeris yang perkembangannya relatif cepat.

Disisi lain, jutru pasar ke Amrik malah meningkat diluar ekspektasi. Tapi mewabahnya Covid-19 di benua Amrik dan beberapa negara tetangga menimbulkan pertanyaan, seberapa kuat pelayaran akan beroperasi.

Tanpa volume memadai, dipastikan akan banyak blank sailing serta penghentian sementara servis dari perusahaan pelayaran global beserta aliansi strategis-nya. Apalagi pabrik di RRCina baru mulai berproduksi lagi.

MSI memprediksi, penurunan akan sangat kentara di antara bulan Maret hingga Mei ini. Rute Asia – Eropa (AE) bakal turun 17,8 persen, sementara Trans Pasifik (TP) pantai barat turun 15 persen serta TP pantai timur drop 13 persen.

Yang dikhawatirkan juga akibat seringnya blank sailing, delay / keterlambatan kapal serta wabah Coronavirus ini, berakibat pada keseimbangan pasok kontainer kosong (MTY) yang dibutuhkan untuk kegiatan ekspor. Jadi langka, mirip krisis tahun 2009 lalu. Klo ini terjadi, akan ada area surplus + kekurangan bingitz.

Rute lain yang akan terganggu selama Maret – Mei, yakni Asia – Timur Tengah – India turun 12 persen, Asia – Amerika Latin anjlok 10 persen, Trans Atlantik turun 10 persen, Intra- Eropa drop 8 persen serta Intra-Asia sedikit drop 5 persen.

Komplikasi industri pelayaran akan sangat kompleks bila benar2 terjadi untuk kurun waktu lama, mirip saat pelayaran Hanjin Shipping (HJS) yang menduduki peringkat 8 besar dunia, dikabarkan ambruk dan sempat chaos untuk beberapa saat.

Waspada dan tetap berhati-hati. Jaga kesehatan + jaga jarak dengan baik. Dampak dari Coronavirus untuk rantai pasok sangat riskan + sensitif. Stay tune ...

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : JoC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar