Selasa, 30 Juli 2013

JT 300713 : Kapal Kontainer Nganggur Naik Jadi 448.000 TEUs


Berdasarkan data terakhir yang dikumpulkan oleh pusat media riset “Alphaliner”, hingga per tanggal 15/07 lalu, jumlah kapal kontainer yang tidak aktif alias nganggur (idle box ships) mencapai 187 unit ato setara dengan 448.000 TEUs !

Gile hampir setengah juta TEUs. Bukan angka yang kecil tuh. Tapi pertambahan kapal yang idle juga salah satunya merupakan dampak rontoknya pelayaran Korea Selatan, “STX Pan Ocean” (STX PO) di bulan Juni lalu serta dampak tenggelamnya kapal “MOL Comfort” 8.000 TEUs yang fenomenal.

STX PO “menyumbang” 12 unit kapal yang tiba-tiba non-aktif, 8 diantaranya kapal milik dengan kapasitas mulai 700 hingga 2.700 TEUs. Empat lainnya (kapasitas 4.400 TEUs) merupakan kapal sewa dari “Dioryx Maritime Corp.”. Waktunya 10 tahun !

STX PO sempat membangun 2 (dua) kapal baru berkapasitas 1.815 TEUs dari galangan kapal “Guangzhou Wenchong Shipyard”, RRCina yakni “STX Hong Kong” dan “STX Ho Chi Minh”. Di bulan Juni 2010 mereka membangun dengan harga USD 26 juta per unit tapi STX Hong Kong cuma laku USD 17,8 juta – padahal baru dikirim bulan Mei 2913 lalu.

Selain itu, ada 8 (delapan) unit sistership dari MOL Comfort 8.000 TEUs yang masuk galangan dengan segera dan otomatis nganggur juga, untuk pemeriksaan intensif agar apa yang menimpa MOL Comfort tidak terulang lagi. Setidaknya dibutuhkan waktu antara 35-45 hari. Hmmm.

Yang paling menderita adalah tipe feeder berkapasitas antara 500-1.000 TEUs. Sepi peminat. Apalagi pengiriman kapal besar belakangan, berdampak pada kapal sewa jenis feeder karena sekarang ini, jark pendek pun dihajar kapal gede.

Hik hik hik, bakal sepi dan rugi deh ....


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar