Jumat, 19 Juli 2013

JT 190713 : "Hansa Brandenburg" Terbakar Di Samudera Hindia


Lagi, insiden di industri pelayaran terjadi di Samudera Hindia. Setelah secara dramatis memakan korban "MOL Comfort" beberapa waktu lalu, kini kapal kontainer "Hansa Brandenburg" mengalami insiden kebakaran di lautan luas namun beruntung evakuasi langsung segera dilakukan.

Pihak pengelola kapal "Leonhardt und Blumberg" mewartakan bahwa Kamis 18/07 kapal "Hansa Brandenburg" (1.740 TEUs) terbakar dan 17 kru kapalnya berhasil diselamatkan. Lokasi kejadian diatas Samudera Hindia dan kini kapalnya berada sekitar 200 mil laut di lepas pantai Mauritius (daerah Afrika mendekati ke selatan sana, cek peta dunia deh he he he).

Seluruh kru dinaikkan ke kapal penolong yang menerima pesan S.O.S, "Donau Trader" (2.702 TEUs) dan dibawa ke Port Louis. Penyebab kebakaran belum diketahui namun dari foto yang diperoleh, bagian atas dek dan superstructure mengalami kerusakan hebat.

Otoritas terkait di Mauritania bekerjasama untuk menangani insiden ini secepat mungkin serta mengantisipasi kemungkinan kerusakan lingkungan yang bakal timbul, bila kejadian terburuk terjadi. Tapi berpikir positif dan optimis aja dulu.

Pada saat kejadian, "Hansa Brandenburg" disewa dan dioperasikan oleh "Pacific International Lines" (PIL) dan sedang dalam perjalanan dari Singapura menuju Durban. Kapal ini dioperasikan sendiri oleh PIL di servis "SW3" yang menghubungkan Asia ke Afrika selatan dan barat. Round trip rute ini 70 hari dan di SW3 PIL mengoperasikan 8 kapal, dengan kapasitas antara 1.732 TEUs hingga 1.800 TEUs.

Kapal penolong "Donau Trader" yang segera menuju lokasi, dikelola oleh "Hermann Buss, Jerman" dan tengah disewa oleh CMA CGM untuk dioperasikan di servis Asia - Afrika barat dengan nama "FEW5" atau "WAX2" (dioperasikan bersama mitra : Delmas dan Maersk Line). Saat menolong, Donau sedang dalam perjalanan dari Cape Town ke Kolombo.

Wadaaaaaaaw, bikin pelayaran jatuh-bangun dihajar ombak Samudera Hindia. Sebelumnya yang garang isu perompak Somalia ehh sekarang malah dihantam insiden alami + teknis disain perkapalan.

Take care dan ikut prihatin ya.


Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar