Minggu, 21 Juli 2013

JT 210713 : Update 1 - "Hansa Brandenburg" (PIL) Masih Terbakar


Kapal berbendera Liberia yang dioperasikan oleh PIL Singapura, "Hansa Brandenburg" (1.740 TEUs) dan terbakar sejak beberapa hari lalu, dikabarkan masih menyala. Kapal yang saat kejadian sedang dalam perjalanan dari Singapura ke Durban, kini berlabuh sekitar 200 mil dari Mauritius.

Kapal kontainer buatan tahun 2003 ini, pernah dinamai "Maersk Auckland", dan dimiliki oleh "Leonhardt & Blumberg" Jerman. Pada saat kapal terbakar, ke-17 kru kapal sudah berusaha memadamkan api namun gagal sehingga akhirnya dievakuasi. Pihak manajemen menyampaikan terima kasih kepada kru Hansa maupun "Donau Trader" yang memberikan pertolongan kepada kru Hansa.

Kapten kapal berkebangsaan Kroasia sedangkan krunya berasal dari Ukraina dan Kiribati. Semua kru dan manajemen Leonhardt & Blumberg kini berkumpul di Port Louis, Mauritania. Disisi lain, pihak otoritas Mauritius dan Penjaga Pantai yang bertugas, tetap memonitor perkembangan kapal Hansa guna meminimalisir dampak lingkungan - bila ada.

Shipmanagement Company menunjuk "Five Oceans Salvage Ltd" dan "Smit Salvage BV" untuk penyelamatan kapal. Tug boat "Coral Sea Flos" sedang menuju lokasi. Sebab-sebab kejadian masih diinvestigasi oleh pihak berwajib.

Semoga cepat beres deh ya. Banyak pekerjaan rumah (PR) di industri maritim yang harus segera dibenahi secara bertahap, agar insiden-insiden yang belakangan muncul, bisa diminimalisir.

Berita terkait, silahkan baca JT 190713 : “Hansa Brandenburg” Terbakar Di Samudera Hindia.

Ikut prihatin.


Sumber : Dari Sana-sini / Kredi Foto : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar