Rabu, 10 Juli 2013

JT 100713 : "Maersk Line" Terima Kapal Terbesar "Maersk Mc-Kinney Moller" 18.270 TEUs

Setelah menunggu dan melewati prosesi penamaan kapal 2 minggu lalu, pelayaran terbesar di dunia "Maersk Line" akhirnya menerima kapal kontainer jumbo berkapasitas 18.270 TEUs, "Maersk Mc-Kinney Moller" dari galangan DSME, Korea Selatan. Maersk memesan 20 unit kapal jumbo ini.

Kapal teranyar ini tidak hanya berhasil menggeser reputasi "Emma Maersk" yang memiliki kelebihan 2.250 TEUs, tetapi juga yang terunik di dunia. Konsep "3E" yang diusung merupakan penjabaran fokus disain kapal ini: energy efficient, economies of scale dan environmental friendliness.

Uniknya tadi, kapal seri "triple E" ini dilengkapi mesin dobel, propeler ganda dan sistem propulsi kembar. Pokoknya serba dua deh. 3E juga merupakan kapal dengan plug-in reefer terbesar ke-2 di dunia karena menyediakan 1.800 reefer-plug dan hanya kalah dari spesialis reefer-ship Hamburg-Sud "Cap San Nicolas" yang bisa memasok reefer container hingga 2.100 TEUs !

Spesifikasi teknisnya EEE, panjang total kapal 399 meter dan lebar 59 meter (23 rows) ato hanya 2 meter lebih panjang, serta lebarnya hanya 1 row lebih unggul dari Emma Maersk 15.500 TEUs (buatan Odense Steel Shipyard) namun 3E berhasil memanfaatkan ruang-ruang tak terpakai, menjadi optimal. Top abiiiz !

Untuk diketahui. Nama kapal terbaru mengabadikan "Maersk Mc-Kinney Moller", putera dari Arnold Peter Moller yang mendirikan A.P. Moller-Maersk Group di tahun 1904. Maersk Mc-Kinney Moller menjabat sebagai Chairman di grup hingga 2003, dan mundur dari tampuk setelah 63 tahun berkarya. Beliau wafat pada tahun 2012 di usia 98 tahun.

Warisan yang patut dilestarikaan dan membawa martabat bangsa Denmark dikagumi dunia. Maersk sendiri dikenal sebagai raksasa transportasi global dengan perannya yang cukup dominan dewasa ini.

Congrats.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar