Senin, 01 Juli 2013

JT 010713 : “G6” Umumkan "Contingency Plan"

Sehubungan dengan terjadinya insiden terbelahnya kapal kontainer “MOL Comfort” yang dioperasikan Mitsui O.S.K Lines (MOL) dan sebagian darinya tenggelam beberapa hari lalu. Dampak susulannya mulai dirasakan saat ini.

“G6” merupakan aliansi strategis palayaran global, yang menggabungkan pola operasi dari 2 (dua) kekuatan besar sebelumnya, yakni “Grand Alliance” (G.A) : Hapag-Lloyd, OOCL dan NYK sedangkan “The New World Alliance” (TNWA) : APL, HMM dan MOL.

Nah akibat insiden diatas, saudara-saudara “MOL Comfort” diperintahkan untuk segera masuk dok dan melewati pemeriksaan ketat, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti MOL Comfort dimasa mendatang.

Yang brasa banget sekarang adalah, perusahaan asuransi siap-siap berhitung keras untuk mengganti kerugian dan mitra kerjanya di G6, bahu membahu menutup lubang yang ditinggalkan kapal-kapal MOL untuk keperluan check-up.

Ada 6 (enam) unit kapal “kelas C” yang ditarik untuk dry-docking tak terjadual. Mereka adalah :  “MOL Creation”, “MOL Charisma”, “MOL Celebration”, “MOL Courage”, “MOL Competence” dan  “MOL Commitment”.

Pihak manajemen menegaskan, kapal-kapal tersebut diatas akan diperkuat bagian lambung kapalnya, bekerjasama dengan pihak galangan kapal “Mitsubishi Heavy Industries” (MHI) serta NKK selaku classification society.

Kronologis kejadian terkait isu kapal “MOL Comfort”, silahkan baca : JT 280613 : Belahan “MOL Comfort” Tenggelam, JT 270613 : “MOL Comfort” Ditarik Ke Salalah ?, JT 230613 “ MOL Sewa Tim Penyelamat, JT 210613 : “MOL Comfort” Terapung Dan Terbelah, JT 190613 : Update – Mitsui Kirim Tim Penyelamat “MOL Comfort”, JT 180613 : “MOL Comfort” Hilang Di Laut Arab dan JT 170613 : Tragedi Pelayaran Minggu ini.

Semoga semua upaya MOL maupun mitra G6 bisa menyelesaikan permasalahan dengan baik. Begitu juga tugas berat MHI dan NKK serta pihak asuransi dalam menangani kasus MOL Comfort ini. Pelajaran sangat berharga bagi industri maritim dunia.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar