Senin, 08 Juli 2013

JT 080713 : Dampak Rontoknya “STX PO”

Setelah sejumlah kapalnya ditahan di Selandia Baru dan di beberapa negara dilaporkan kapal “STX Pan-Ocean” (STX PO) mengalami kesulitan pelayanan. Kini secara perlahan pula, sejumlah servis yang pernah dioperasikan, mulai ditutup satu per satu.

Yang terbaru, STX PO cabut dari servis Korea – Vietnam dan menarik kapal-kapal yang dioperasikan bersama mitra kerjanya. Kontan aja rekan sekerja dibuat kelojotan karena mendadak harus stop operasi ato harus beli slot ke pelayaran lain.

Beruntung bagi pelayaran yang bermodal kuat, bisa langsung menambah kapal untuk mengganti kapal STX PO yang ditarik. Nah kalo ngepres dan ngedadak gini, pelayaran lain pilih tutup servis sementara.

Setelah STX PO cabut di rute Korea – Vietnam, kini Hanjin Shipping (HJS) menjadi satu-satunya pelayaran di rute cantik, “NHS”. Tadinya HJS menyiapkan 2 kapal sedangkan STX PO menyumbang 1 kapal. Kini ketiga armadanya merupakan kapal HJS.

STX PO menarik kapal “STX Dalian” (1.732 TEUs) dan HJS menambalnya dengan kapal lebih gede “Hanjin Port Adelaide” (2.553 TEUs). Pembeli slot NHS yang bertahan : OOCL. Heung-A dan Sinokor. Top deh.

Servis lain yang menghubungkan Korea – Thailand – Vietnam yang dikemas dalam servis “NTS” juga menyisakan ruang kosong, saat STX PO menarik kapal sewanya “Hansa Calypso” dan mengembalikannya ke pemilik / owner. NTS dioperasikan bersama HJS dan KMTC.

Hansa Calypso (1.645 TEUs) digantikan oleh “Hanjin Sao Paulo” (1.703 TEUs). Kini NTS tetap mengoperasikan 3 (tiga) unit kapal cuma 2 unit merupakan kontribusi HJS dan 1 unit lainnya tetap dioperasikan KMTC.

Rotas NTS selengkapnya sebagai berikut : Busan – Kwangyang – Shanghai – Hong Kong – Laem Chabang – Bangkok – Laem Chabang – Ho Chi Minh City – Busan. Selain memporak-porandakan rute Korea – Vietnam, STX PO juga meluluh-lantakkan rute korea – Cina – Vietnam.

Korbannya adalah Yang Ming Line (YML) dan Cheng Lie Navigation (CNC) yang terpaksa harus menghentikan servis “CTS”. Tadinya STX PO, YML dan CNC menyumbang masing-masing 1 (satu) kapal.

Dengan rontoknya STX PO, YML paling merana karena muatan ex Korea dan Vietnam mangkrak alias berupaya keras mencari opsi alternatif. Rotasi CTS selama ini : Incheon – Qingdao – Shanghai – Ho Chi Minh – Laem Chabang – Hong Kong – Shekou – Incheon.

Rute mana lagi yang akan terimbas dengan rontoknya STX PO, masih harus dicermati. Rujukan sebelumnya, silahkan baca: JT 220613 : STX PO Masuk Program Restrukturisasi dan JT 110613 : “STX Pan-Ocean” Kritis.

Take care ya.

Sumber : Dari Sana-sini.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar