Jumat, 12 Juli 2013

JT 120713 : “Hadley Shipping” + “Torvald” Dapat Kapal Baru

Dunia maritim terus saja menunjukkan keunikan. Magnet apa yang sebenarnya membuat si empunya duit mau berinvestasi, membangun klapal yang return of investment (ROI) alias balik modalnya makan waktu 20 tahunan ? Ada faktor gambling-nya juga ? Entahlah.

Berikut ini, catatan masuknya 2 (dua) kapal baru namun bagi Pembaca, nama-nama ini masih asing. Namun bila sudah ada yang pernah mendengar ato membacanya, bersyukurlah. Anda selangkah lebih maju dari editor he he he.

Yang pertama, sebuah kapal kontainer berkapasitas 1.740 TEUs "Cerinthus" baru saja masuk armada "Hadley Shipping", dari galangan Guangzhou Wenchong Shipyard, RRCina. Menurut catatan, awalnya kapal ini dipesan Norse Management U.K (order bulan Juni 2010) namun tiada kabar berita hingga munculnya email ini, rupanya sudah berpindah tangan.

Cerinthus disewa oleh KMTC untuk rute operasi Korea - Indonesia namun kapan efektifnya dan apakah nama kapalnya akan disesuaikan juga, belum ada kabar. Kalo ada, sok pasti Pembaca Jurnal Tr@msport (JT) tahu duluan. Siiip !

Selain Hadley Shipping, nama yang relatif baru sebagai juragan kapal yakni "Torvald Klaveness Maritime", yang baru aja menerima "Ballenita" (2.504 TEUs). Kapal ini merupakan kapal ke-2 dari 4 (empat) unit pesanan di bulan September 2010, ke galangan Jiangsu Yangzijiang Shipbuilding, RRCina.

Kapal Ballenita sepertinya disewakan ke Zim Line via afiliasinya "Gold Star Line" (GSL) dan bakal dikaryakan di rute FAX yang menghubungkan Asia - Afrika Barat. Ballenita merupakan nama sebuah kota pantai di Ekuador, Amerika Selatan. Kapal ke-3 dan ke-4 akan diberi nama "Balsa" (akhir 2013) dan "Baleares" (2014) dan sudah beberapa kali mengalami penundaan akibat situasi yang kurang stabil.

Sekarang, sudah siap tempur semua ? Berhati-hatilah cuaca di luar sana masih belum kondusif. Take care.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar