Selasa, 16 Juli 2013

JT 160713 : BoCom Cina Order 6 X 9.400 TEUs

"Bank of Communications" (BoCom) yang bermarkas di Shanghai, RRCina via afiliasinya “Bank of Communications Financial Leasing” telah menempatkan order baru 6 x 9.400 TEUs di galangan kapal Cina: "Jiangnan Shipyard" (2 unit) dan "Shanghai Jiangnan Changxing Shipbuilding". Aneh ... tapi ya ikutin aja.

Detil peruntukannya belum jelas tapi sumber-sumber yang bisa dipercaya, kapal-kapal anyar ini bakal disewa untuk jangka panjang, oleh operator terbesar ke-2 di dunia, "Mediterranean Shipping Co." (MSC). Cek deh dari nama-nama kapalnya he he he ...

Kapal yang dibangun ini spesifikasinya mendekati dengan yang dipesan "Schulte Group" (Jerman) dan "Costamare" (Yunani) dan sama-sama disewa oleh MSC pula. Kapal pertama pesanan BoCom bakal meluncur dengan nama "MSC Antalya", rencana kirimnya akhir bulan Juli ini.

Kapal baru ini memiliki panjang total 300 meter dengan lebar 48,80 meter (19 row). Menurut induk galangan CSSC Shipyard Group, kapal ini didisain hemat bahan bakar serta ramah lingkungan. Detil spesifik lainnya belum bisa diperoleh tapi kayaknya cukuplah.

Sebagian pengamat memperkirakan agregat kapasitas terpasang MSC bakal melejit karena hampir semua kapal baru dan besar, nyaris disapu bersih oleh MSC. Belum lama ini MSC juga mendukung pesanan 7 x 8.800 TEUs milik produsen kontainer CIMC dan bakal disewa semua. CIMC memilih galangan kapal Dalian Shipbuilding Industry Corp. (DSIC), RRCina.

Wow, top markotop abiiz nih. Serame apa ya dunia pelayaran 5 (lima) tahun ke depan ? Bisa dilihat angkanya namun sikonnya sulit diprediksi karena terkait prediksi pertumbuhan ekonomi dunia.

Hmm hmm hmm ... Sulit diduga.


Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar