Sabtu, 13 Juli 2013

JT 130713 : “Eugen Maersk” Dapat Musibah


Insiden kecelakaan di laut, belakangan ini termasuk sering dan yang terkena musibah justru  kapal-kapal besar,sehingga  dampaknya pun luar biasa. Yang terkini adalah kasus kapal “MOL Comfort” dan sebelumnya “Emma Maersk”.

Yang cukup parah adalah isu terbelahnya kapal kontainer MOL Comfort dan akhirnya tenggelam. Sedangkan isu lebih ringan melanda kapal kontainer “Emma Maersk” (15.500 TEUs) yang harus keluar servis (sementara) karena ruang mesinnya kebanjiran berat.

Rupanya beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 18/06 (sehari setelah MOL Comfort diberitakan hilang), kapal milik Maersk Line yang merupakan saudara Emma Maersk, yakni “Eugen Maersk”  (foto dalam kondisi normal) mendapat musibah, 5 (lima) unit kontainernya terbakar dalam perjalanan.


Kapal sedang dalam perjalanan melintas Teluk Aden, menuju Port Said, Mesir. Mulanya api muncul di salah satu kontainer namun kru kapal bertindak sigap dan api sempat merembet hingga 4 (empat) kontainer lain di atas kapal.

Api berhasil dipadamkan oleh tim damkar Svitzer sehingga kapal sepanjang 397 meter ini akhirnya berlabuh di Djibouti untuk menurunkan kontainer yang terbakar. Akibat insiden ini kontainer ex Eugen Maersk akan tiba terlambat di pelabuhan tujuan.

Kabarnya, dari manifest yang ada, kontainer yang terbakar berisi household goods alias bukan barang berbahaya ato DG cargo. Pihak Maersk Line sedang melakukan investigasi lebih serius agar kejadian ini tidak berulang karena bisa sangat fatal akibatnya, 

Andaikan api tak mampu dipadamkan, Pembaca bisa bayangkan akibat yang ditimbulkan. Akan lebih banyak kritik dengan kehadiran kapal jumbo dimasa datang akibat kendala pada proses antisipasi pengamanannya. Ini cuma misal lho dan beranda-andai.

Ngebayangin dampak tenggelamnya MOL Comfort aja belon habis ehh tiba-tiba harus mendapat kabar ini lagi. Maaf kalo telat tetapi sebaiknya Pembaca tahu deh. Ngga haram juga di bulan Puasa mengabarkan sesuatu yang sebaiknya perlu diketahui Pembaca.

Minggu ini, Eugen Maersk dipastikan gak akan masuk area Baltik (Bremerhaven, Gdanks, Aarhus dan Goteborg) namun Maersk sudah menyewa kapal “Santa Roberta” (4.112 TEUs), khusus untuk mendistribusikan kargo ke area Baltik. 

Eugen Maersk berbendera Denmark dan dioperasikan oleh Maersk Line di jalur Asia – Eropa (AE) 10. Eugen Maersk IMO 9321550, memiliki bobot 157.200 dwt. Kasus serupa ini tahun lalu menimpa kapal "MSC Flaminia" dan mengakibatkan kerusakan cukup parah.

Itu saja sudah bisa memberikan gambaran hebat dan dahsyatnya si jago merah bila sudah beraksi. Jadi berhati-hatilah … Beruntung deh Eugen Maersk bisa diselamatkan.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar