Minggu, 14 Juli 2013

JT 140713 : "Asiatic Lloyd" Belajar Jadi Juragan Kapal Gede


Boleh dibilang "terlalu berani" tapi tindakan spekulasi seperti ini biasanya ampuh saat garis tangan keberuntungan berpihak kepada si empunya. Makanya bisa dibilang spekulatif ato rada "gambling" lah. Malah kalo sampe gagal ya tinggal bilang "gemblung loe" he he he.

Kabarnya, ada juragan kapal baru tapi gak ngoperasiin alias non-operating shipowner, "Asiatic Lloyd" (AL). Bermarkas di Singapura, AL berani ngorder 2 (dua) unit kapal berkapasitas 9.000 TEUs dari Hyundai Samho Heavy Industries (HSHI), Korea Selatan. Rencana kirim semester 2 - 2014. Mantabz !

Hingga saat ini belum diperoleh kepastian, ini order buat masa sewa jangka panjang ato hanya tindakan spekulatif saja ? Walau belum ada spesifikasi teknis kapal ini namun gambaran umum untuk tipe kapal sejenis, akan memiliki panjang total 300 meter, lebar 48,20 meter (setara 19 rows) dan harga satuannya sekitar USD 80 juta. Wooow juga tuh.

AL didirikan tahun 2008 lalu oleh orang-orang yang memiliki koneksi dengan shipowner asal Bremen (Jerman), Dauelsberg. Armada yang dimiliki saat ini 6 unit kapal buatan Turki dengan kapasitas rata-rata 1.155 TEUs serta disewakan kepada medium-size operator.

Mereka adalah Orient Express Line dan Golden Sea Shipping. Dengan order terbaru, AL menapakkan diri untuk bisa naik kelas menjadi pemain kelas dunia dan membangun kerajaan biz seperti Seaspan, Danaos dll. Congrats.

Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar