Kamis, 04 Juli 2013

JT 040713 : Update 1 - Belahan “MOL Comfort” + Contingency Plan G6


Setelah sempat shock dengan tenggelamnya separuh jiwa “MOL Comfort” beberapa waktu lalu di Samudera Hindia, tanggal 01/07 lalu tali penarik yang menghubungkan kapal tug dan belahan MOL Comfort sempat terputus.

Tapi jangan kuatir – demikian laporan terkini dari pihak Mitsui O.S,K Lines (MOL) – bahwa pengamanan sudah dilakukan dan tali penarik sudah tersambung kembali. Semoga perjalanan menuju pelabuhan terdekat bisa lancar dan tak terkendala lagi.

Seperti diketahui, MOL Comfort yang memiliki kapasitas 8.000 TEUs terbelah saat menghadapi badai (cuaca) buruk di Samudera Hindia pada tanggal 17/06 lalu. Bagian depan berhasil diselamatkan namun bagian belakang, akhirnya tenggelam tanggal 27/06 lalu.

Bagian yang tenggelam hingga kini masih dalam pantauan tim penyelamat, termasuk mengantisipasi kemungkinan bocoran minyak namun beruntung hingga saat ini belum ada tuh. Siiiip, aman dunk.

Seperti diketahui, setelah insiden MOL Comfort pihak manajemen menarik 6 (enam) sisterships yang beroperasi ke galangan, untuk proses pengecekan (inspeksi) dan kemungkinan besar akan dilakukan upgrading memperkuat struktur lambung kapal 2x lebih kuat.

Selain MOL, mitra kerja di aliansi strategis termasuk yang kelimpungan mencari kapal-kapal pengganti di semua rute yang dikerjasamakan di loop “G6”. APL, HMM, MOL, H-L, OOCL dan NYK bahu membahu menjaga servis yang ada saat ini.

Hari ini, pihak MOL mengumumkan langkah darurat menghadapi penarikan “C-class” dari Loop yang dioperasikan G6.

a. “MOL Courage” bakal ditarik dari rute westbound Loop 1 Asia – Eropa (AE) di Singapura dan sementara waktu kargonya dipindahkan ke kapal “MOL Commitment”, “MOL Charisma” setelah bongkar di Tokyo pun akan ditarik dari Loop 1 AE sedangkan muatannya akan diteruskan oleh “MOL Generosity” (5.605 TEUs) untuk tujuan Hong Kong.

b. Kargo ex MOL Generosity akan dilanjut dengan kapal “MOL Continuity” ke Eropa. Untuk diketahui, MOL Continuity dan “MOL Cosmos” merupakan produk galangan lain, Koyo-designed dan bukan buatan Mitsubishi Heavy Industries (MHI), jadi gak kena emergency drydocking.

c. “MOL Creation” di Loop 1 AE juga dibatalkan dan posisinya digantikan oleh “MOL Growth” (5.605 TEUs) untuk membawa muatan ex Jepang (Tokyo, Kobe, Nagoya dan Shimizu) ke Hong Kong dan nantinya akan diteruskan ke AE. 

d. Sementara itu ad-hoc call dari Hong Kong (HKG) bakal dilayani oleh kapal “NYK Helios” ETA/ETD HKG 11-12/07 dan “OOCL Chongqing” ETA/ETD HKG 15-16/07.

Kronologis insiden “MOL Comfort” bisa ditelusuri di laporan sebelumnya, silahkan cek JT 010713 : “G6” Umumkan Contingency Plan, JT 280613 : Belahan “MOL Comfort” Tenggelam, JT 270613 : “MOL Comfort” Ditarik Ke Salalah ?, JT 230613 “ MOL Sewa Tim Penyelamat, JT 210613 : “MOL Comfort” Terapung Dan Terbelah, JT 190613 : Update – Mitsui Kirim Tim Penyelamat “MOL Comfort”, JT 180613 : “MOL Comfort” Hilang Di Laut Arab dan JT 170613 : Tragedi Pelayaran Minggu ini.

Semoga cepat bisa diatasi dengan baik. Bila ada perkembangan lebih lanjut dari “Contingency Plan” G6 bakal diinfo deh. Stay cool.


Sumber : Dari Sana-sini / Kredit Foto ; SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar