Minggu, 07 Juli 2013

JT 070713 : Entitas "Zim Line" Bakal Dipecah

Israel Corp. yang memiliki 99,7 % saham pelayaran “Zim Line” diberitakan bakal merelakan pelayarannya dilego ke pihak lain namun dengan catatan induk perusahaan menyisakan saham untuk keamanan nasional.

Nantinya, Zim Line bakal dibagi menjadi 2 (dua) entitas terpisah, sebut saja selain pelayaran kontainer, bakal ada biz non-chemical – demikian menurut laporan Tel Aviv Stock Exchange belum lama ini.

Sebelumnya, media cetak “Haaretz” sempat mengabarkan bahwa Zim siap dilego untuk melunasi utang-utangnya kepada pihak kreditor namun akan berusaha mempertahankan salah satu afiliasi ICL, perusahaan kimia, pupuk serta penyulingan minyak.

Menurut media cetak yang berbasis di London, “Financial Times” (FT) dan kantor berita “Reuters”, Israel Corp. gak Cuma siap melepas saham Zim tetapi juga pabrik mobil di RRCina – “Qoros”, pabrik semi-konduktor “Tower Jazz”, selain pembangkit listrik “IC Power” dan “IC Green Energy”.

Oh ya, Pemerintah Israel bakal memegang sisa saham 24% dan memiliki hak veto selaku “golden share” dengan alasan keamanan nasional. Bisa-bisanya aja karena memang Israel merupakan negara Zionis dan memiliki musuh abadi dimana pun juga.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca JT 290613 : Israel Corp. Pertahankan “Zim Line”.

So, Zim set for spin-off and splitted ? Just wait and see for the details.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar