Selasa, 30 September 2014

JT 300914 : "FMC" Persulit Aliansi Strategis "2M"




Kesannya seperti itu. hingga minggu lalu saat eksekutif dari 2 (dua) pelayaran besar dunia mengunjungi Washington, dan secara jujur pihak Maersk Line dan Mediterranean Shipping Co. (MSC) enggan menjawab sejumlah pertanyaan.

Indikasinya, walau secara informal mereka sudah berkampanye dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, tapi toh belum adanya kesepakatan ato kebulatan tekad otoritas Paman Sam yang membuat anggota aliansi strategis 2M ini muring-muring.

Pihak otoritas Federal Maritime Commission (FMC) Amrik, memiliki waktu 45 hari untuk mengumpulkan semua masukan dari para-pihak namun belum habis masa tersebut, sudah ada usulan untuk diperpanjang.

Batas waktu 45 hari pertama yakni 10 Oktober mendatang. Sepertinya pihak FMC blon yakin bener bahwa Maersk dan MSC bakal melaksanakan “vessel sharing agreement”(VSA), namun tidak menyebut juga secara spesifik ada “sesuatu” yang disembunyikan.

Rasanya, ada sebuah kekuatan dibalik 2M yang dikhawatirkan dapat mengganggu pola perdagangan bila dipaksakan. Apabila terjadi merger ato 2M diijinkan beroperasi, porsi pangsa pasar keduanya  sekitar 30 persen, masih cukup menakutkan bagi FMC untuk meloloskannya.

Apakah dikhawatirkan akan timbul kesan kartel di industri maritim saat sekarang ini ? Blon ada yang bisa memprediksi namun kesan-kesan itu mudah terbaca bagi yang sudah mafhum dengan kebiasaan di industri pelayaran global.

Selanjutnya gimana dunk ? Kita tunggu aja. Apakah tetap jalan tanpa menunggu persetujuan FMC (rasanya gak mungkin deh) ato harus menunggu waktu lagi ? Disisi lain CMA CGM terus menggeber FMC untuk memberikan ijin operasi aliansi baru Ocean 3 yang beranggotakan CMA CGM, CSCL dan UASC.

Mana yang duluan … hayooooo … lama-lama bisa bikin be-te nih deal sama FMC xi xi xi.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar