Sabtu, 06 September 2014

JT 060914 : “MSC” Bakal Salip “Maersk Line” Di Tahun 2017

Ibarat balapan mobil Formula 1 (F1), siapa bakal disalip dan siapa bakal juara bisa dilihat saat-saat lap terakhir menjelang garis finish / akhir perlombaan. Di awal laga, biasanya banyak kendala dan kejadian yang sulit diperhitungkan.

Sebuah media riset yang berbasis di Paris, “Alphaliner” memperkirakan pelayaran Swiss-Italia yang merupakan runner-up saat ini, di tahun 2017 mampu melampaui / menyalip pelayaran nomor 1 (satu) dunia saat ini, Maersk Line.

Ekspansi yang luar biasa diperlihatkan oleh Mediterranean Shipping Co. (MSC) sehingga menurut paparan Alphaliner, dengan order tersembunyi 6 x 19.000 TEUs (mereka menyebutnya dengan 2 set karena dibuat dalam 2 tahap), MSC memiliki tabungan potensil sekitar 610.000 TEUs.

Untuk diketahui, Bank of Communications Financial Leasing Co. (BCLC), Tiongkok menyepakati membangun 3 x 19.000 TEUs di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korea Selatan.

Kapal-kapal ini disewa MSC untuk masa cukup lama (ssst, biasanya 10 tahunan). Untuk masa 3 tahun ke depan, Maersk Line belum memesan kapal baru namun MSC meng-order 3x lebih banyak dari pesanan Maersk Line.

MSC memiliki order yang luar biasa banyak. Setidaknya ada 34 unit kapal neo-panamax yang dipesan, kapasitasnya mulai 8.800 hingga 9.400 TEUs, untuk masa kirim tahun 2015-2016. Ini saja sudah mendorong kekuatan armadanya, dari 2,5 juta ke 3 juta TEUs di akhir 2016.

Maersk sendiri saat ini mengoperasikan 2,77 juta TEUs dan bila tidak ada penambahan kapal baru, otomatis bisa tersalip oleh MSC. Akankah Maersk berdiam diri ato menunggu saat yang tepat untuk bertindak ? Mending kita ikutin terus perkembangannya ya.

Jangan jadi Pembaca yang apatis. Silahkan berbagi bila Anda memiliki informasi terbaru di seputar jagad maritim, baik lokal maupun global. Seperti semangat para pembalap F1, jadilah yang terbaik dan memimpin lomba hingga garis akhir.

Rujukan sebelumnya, terkait perkembangan aliansi strategis 2M, silahkan baca JT 270814 : “Maersk Line”, “MSC” Minta Ijin Washington.

Kami tunggu. Oh iya, Maersk Line dan MSC saat ini tengah memperjuangkan nasib aliansi strategisnya yang bernama “2M”. Akankah menjadi musuh dalam selimut dan mereka bisa berkompetisi dengan transparan ? Ikuti terus.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar