Sabtu, 20 September 2014

JT 200914 : "CKYHE" Respon Kompetisi Global


Dari beberapa aliansi strategis di industri pelayaran global, yang kini tengah bersibuk diri memesan kapal guna memenangkan persaingan adalah anggota CKYHE. Kongsi ini terdiri dari 5 (lima) pelayaran besar : Cosco Container Lines, "K" Line, Yang Ming, Hanjin Shipping dan Evergreen Line.

Dua diantara anggota CKYHE, kini tengah memesan kapal baru, yakni "K" Line dan COSCO. Yang Ming dan Evergreen sudah bersiap dengan kapal 14.000 TEUs dan sepadan. Sedangkan Hanjin Shipping belum mempersiapkan kapal sejenis.

Untuk "K" Line, kabarnya pelayaran Jepang ini tengah memesan 5 x 13.870 TEUs batch 2 dari galangan kapal "Imabari Shipbuilding Group", Jepang. Rencana kirim di tahun 2018. Batch 1 yang dipesan Maret 2013 lalu, bakal mulai dikirim tahun 2015 mendatang. Wuiiiih. Gak berasa ya, dah deket waktunya.

Totalnya nanti, "K" Line memiliki 10 unit kapal 13.870 TEUs. Galangan yang dipilih yaitu "Imabari Hiroshima", sebelumnya dikenal dengan nama "Koyo Dockyard". Bagi Imabari, pembangunan kapal diatas 10.000 TEUs merupakan yang pertama di Jepang.

Afiliasi Imabari Group yang membiayai konstruksi kapal yaitu "Shoei Kisen" dan sebelumnya, instutusi ini dimasa lalu membiayai konstruksi sejumlah kapal. Tiga diantara 10 kapal "K" Line diatas, dibiayai via Shoei Kisen. Kapal kelas ini memiliki spesifikasi panjang 365,90 meter, lebar 20 baris / rows, demikian media riset "Alphaliner" melaporkan.

Dari pihak COSCO, kabarnya pelayaran asal Tiongkok ini memesan 5 x 14.500 TEUs seiring tren pelayaran global menghadapi kompetisi yang semakin ketat. Galangan yang dipilih "Shanghai Jiangnan Changxing Shipbuilding" - CSSC Group.

Rupanya, bagi anggota CKYHE penggunaan kapal 14.000 TEUs akan menjadi standar, khususnya Asia - Eropa (AE) dan sebagian Amrik. Nantinya, kombinasi anggota CKYHE akan mengelola 75 unit kapal sejenis, maksudnya kelas kapal 13.000 - 14.500 TEUs (diberikan catatan juga, harus bisa melewati Terusan Panama). Bukan jumlah yang kecil.

Yang Ming (YML) termasuk yang agresif, artinya menjadi pelayaran Taiwan yang menyewa 13 x
14.000 TEUs
dari pihak Seaspan Inc. Hanjin Shipping (HJS) termasuk yang paling hemat, kapal terbesar yang dimilikinya cuma berukuran 13.102 TEUs.

Yang justru terlihat siap adalah Evergreen - anggota termuda di kelompok CKYHE. Evergreen baru saja mendapat 10 x 13.808 TEUs - hasil sewa jangka panjang ke pihak Enesal, Yunani. Selain partai diatas, Evergreen masih memiliki order 10 x 14.000 TEUs untuk masa kirim di tahun 2016 dan 2017.

Wuiiiiih mantep. CKYHE sudah kita bedah. Kapan-kapan kita bedah yang lain ya. Cheers.

Sumber : Dari Sana-sini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar