Jumat, 26 September 2014

JT 260914 : “UASC” & “H-S” Padukan Servis Global

Ibarat perkawinan di industri  maritim, seharusnya kalo mau merger ya antara “United Arab Shipping Co.” (UASC) dengan “Hamburg-Sud” (H-S) karena satu sama lain saling melengkapi dan kategorinya sangat sepadan. Pasti deh ditanya alasannya. Koq gitu ?

Namanya jadi analis amatiran, boleh juga skali-skali ngeluarin jurus apa adanya. Gini loh, keduanya memiliki fokus dagang yang berbeda, walhasil klo dijodohin Insya Allah mak-nyus. Artinya servis yang tidak dimiliki, menjadi nilai tambah ato komplemen bagi kedua pelayaran tadi.

Ini mirip dengan isu “P&O Container Line” (POCL) mengakuisisi “Nedlloyd Linen” (NLL) tempo hari, nah ini pun serupa tapi tak sama. POCL saat itu menguasai east-west trade, sedangkan NLL menguasai north-south trade. Hasil merger keduanya disebut “P&O Nedloyd” (PONL). Lengkap khan.

Hebatnya lagi, Maersk Line membabat habis musuh-musuhnya lewat aksi akuisisi yang menghebohkan sehingga nama-nama besar seperti Sea-Land Service dan PONL, akhirnya tinggal menyisakan brand container prefix.

Kini, bisa jadi masih sebatas kerjasama tapi kedepannya kalo prospektif, kenapa ngga juga ? Kembali ke pokok masalah kenapa UASC dan H-S berkolaborasi. UASC sangat membutuhkan akses ke Amerika Latin dan H-S membutuhkan akses Asia – Eropa (AE) serta rute Trans Pasifik (TP).

Sesuai kabar terkini, H-S akan mulai masuk servis AE sekitar bulan Desember 2014 mendatang dan TP di bulan Januari 2015. UASC bakal memulai masuk pasar Eropa – Amerika Selatan pantai timur dan asia – Amerika Selatan mulai mid-2015.

Bagi UASC, ini merupakan langkah besar, setelah awal bulan merespon tawaran CMA CGM dan CSCL membentuk aliansi strategis “Ocean 3” dan kini berkolaborasi di jalur berbeda (Amerika Selatan) menjadi buah bibir kompetitor.

Cakupan dalam detil, masih dalam diskusi kedua belah pihak dan akan segera dirilis untuk publik dalam waktu dekat. Wuih wuih wuiiiiiih …. UASC agresif juga nih.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar