Selasa, 16 September 2014

JT 160914 : Konstelasi Aliansi Strategis Akhir Tahun 2014

Perkembangan di industri pelayaran belakangan ini cukup drastis dan maut he he he. Bila di akhir tahun lalu ada isu rencana merger Hapag-Lloyd (H-L) dan CSAV, kemudian awal 2014 muncul isu P3-network (Maersk-MSC-CMA CGM) namun akhirnya gagal ditolak otoritas Tiongkok.

Kini menghadapi konstelasi aliansi strategis yang semakin mengerucut, kompetisi diramalkan bakal semakin ketat. G6 merupakan penggabungan 2 (dua) kekuatan yang sebelumnya bernama “Grand Alliance” (G.A : H-L, NYK, OOCL) dan “The New World Alliance” (TNWA : APL, MOL, HMM).

Evergreen yang sebelumnya lebih suka mandiri, akhirnya merapat ke CKYH dan merombak formasi jadi CKYHE alias ketambahan satu anggota jadi 5 (lima) pelayaran : COSCO, “K” Line, Yang Ming, Hanjin dan Evergreen.

Selepas kegagalan P3-network, Maersk Line dan MSC tetap merangsek dengan konsep aliansi baru dengan nama 2M. Kini masih dalam masa penggodokan di otoritas berwenang di Amrik – Federal Maritime Commission (FMC).

Kabarnya, 2M coba menghindari otoritas Tiongkok guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti sewaktu pengajuan proposal P3-network yang akhirnya ditolak. CMA CGM sendiri akhirnya menggandeng UASC dan CSCL membentuk formasi baru “Ocean 3”.

Belum lagi ada nama Wan Hai Lines (WHL), PIL, Hamburg-Sud yang belum menempel dan membentuk aliansi seperti pelayaran global diatas. Akankah terus mengerucut lagi jumlah pelayaran besar di dunia setelah merger H-L/CSAV serta Hamburg-Sud/CCNI maujud ?

Nah akan segempita apa juga persaingan ditengah aliansi strategis kedepannya ? Pastinya bakal lebih rame. Yuuuk kita ikuti perkembangannya.

Sumber : Dari Sana-sini (tercipta sambil merenung di malam hari).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar