Rabu, 03 September 2014

JT 030914 : Kapal Sewa “MSC” Dilarang Masuk Aussie

Pasti ada pertanyaan, kenapa sih ? Nah ini dia penjelasan singkatnya.

Pangkal permasalahan ada di kapal “Vega Auriga” (957 TEUs). Kapal ini dimiliki oleh “Vega Reederei”, Jerman namun disewa dan dioperasikan oleh pelayaran terbesar ke-2 di dunia, “Mediterranean Shipping Co.” (MSC).

Kapal ini ditahan pihak berwenang di Australia (dikenal juga dengan sebutan Aussie) karena tidak memiliki standar yang seharusnya (poor seafarer welfare). Kapal ini ditahan Australian Maritime Safety Authority (AMSA) – demikian, sebagaimana dituturkan oleh “Lloyd’s List”.

Kapal MSC dilarang masuk Aussie karena dianggap melalaikan standar kapal serta keselamatan kru kapal. Rujukannya, “Navigation Act 2012”. Bukannya sama sekali ditolak masuk pelabuhan tapi tolonglah bila mau masuk Aussie penuhi standar yang berlaku – begitu kurang lebihnya.

Kapal Vega Auriga berbendera Liberia dan koordinator “International Transport Workers Federation” ranting Aussie, Dean Summers menyebutkan, lain kali MSC harus memperhatikan kaidah-kaidah sewa kapal agar tidak dirugikan dan bisa merusak citra pelayaran tersebut.

Pihak MSC sejauh ini tidak menanggapi isu sensi ini. Kapal Vega Auriga ditahan terakhir kali tgl 25/08 lalu. Secara keseluruhan, kapal ini sudah 8x ditahan, 7 diantaranya oleh pihak otoritas Aussie dan sekali oleh otoritas Singapura.

Ooooh gitu ya ....


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar