Kamis, 01 September 2011

JT 010911 : CSCL Ambrol Di Semester 1

Akibat kombinasi harga yang jeblok (low freight rate), permintaan memble (weak demand), harga minyak yang meroket (high oil prices) dan faktor-faktor negatif lainnya, CSCL terpaksa membukukan kerugian yang cukup besar.

Selama semester 1 saja, CSCL merugi RMB 630,3 juta (= USD 98,6 juta), ato anjlok 153 % dibanding net profit yang direngguk semester 1 - 2010 sebanyak RMB 1,2 milyar ! Bukan jumlah yang kecil memang.

Selanjutnya, CSCL menyalahkan kelebihan kapasitas yang mencapai 780.000 TEUs selama semester 1 - 2011 sehingga secara tidak langsung, menekan tingkat harga rute Asia - Eropa (AE) dan Trans Pasifik (TP) hingga amburadul seperti sekarang ini.

CSCL bahkan memperkirakan dalm kurun waktu 1-2 tahun kedepan, pertambahan kapasitas akibat datangnya kapal-kapal baru akan memperlambat proses recovery (perbaikan) kondisi industri maritim secara menyeluruh.

Pelayaran global sebenarnya menyadari akibat daro melimpahnya pasok ruang sehingga bisa mengakibatkan rusaknya tatanan harga sebagai dampak perang harga yang saling tumpang tindih satu sama lain.

Yang dikhawatirkan, benarkah kondisi seperti ini akan berlangsung dalam 2-3 tahun kedepan ? Kalo ya, kondisi terburuklah yang harus dipasang agar tidak kecewa berat. Take care.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar