Rabu, 31 Agustus 2011

JT 310811 : Privatisasi Unit Biz BDZ Bulgaria Jalan Terus


Inilah gaya bekas negara jajahan komunis yang kini mulai bertransformasi menjadi setengah kapitalis, Bulgaria. Yang bakal kita gulirkan disini, berkaitan dengan isu layanan jasa transportasi kereta api (KA) barang.

Perusahaan KA pelat merah Bulgaria, BDZ kabarnya tengah mengupayakan langkah privatisasi untuk mengemas badan usaha milik negara (BUMN) yang selama 20 tahun terus merugi ini, menjadi mesin pencetak uang di masa depan.

Untuk melancarkan proses yang ditarget selesai 6 (enam) bulan tersebut, pemerintah Bulgaria mengajukan pinjaman ke Bank Dunia (World Bank) sebesar BGN 460 juta atau setara dengan USD 341 juta dan akan memisahkan biz unit barang dari layanan jasa penumpang. 

Menteri Perhubungan Bulgaria, Ivaylo Moskovsky menyampaikan pesan melalui kantor berita Sofia News Agency, reformasi di sektor transportasi berbasis KA barang akan tetap dilanjutkan walau menghadapi berbagai tentangan.

Terutama dari para pekerja, yang menuntut upah maupun tunjangan pemutusan hubungan kerja (PHK) bila rencana restrukturisasi disetuju oleh Bank Dunia. Proposal sudah masuk dan tinggal menunggu keputusan konkrit.

Pengajuan ini diajukan sejak bulan Desember 2010 via paket reformasi bertajuk National Company Railway Infrastructure. Paket ini ditentang serikat pekerja yang beranggotakan 7.000 buruh namun bila pesangan yang diberikan bagus, kayaknya sih ok-ok aja tuh.

Aje gile ye, negara-negara komunis maupun sosialis terus mereformasi diri. Lantas republik koq jalan di tempat ya ? Ngurus korupsi aja ngga becus-becus ? Nah, sekalian deh minta maaf karena sudah memaki-maki dan mumpung Lebaran gitu ‘loh ...

Sumber : Dari Sana-sini (maaf JT 300811 ngga terbit sebagai buntut korban perubahan jadual Lebaran dari tanggal 30/08 ke 31/08, oleh pemerintah dan kayaknya ini untuk pertama kalinya deh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar