Rabu, 28 September 2011

JT 280911 : Cosco Busan Harus Bayar USD 44 Juta

Masih ingatkah peristiwa menghebohkan, dimana sebuah kapal kontainer berukuran besar menabrak tiang jembatan terkenal di San Francisco Bay serta menumpahkan 53.000 galon minyak sehingga mencemari lingkungan sekitar.

Isu ini kembali mencuat, setelah pihak pengadilan menyatakan bahwa operator dan owner (pemilik kapal) Cosco Busan (kapasitas 5.450 TEUs) telah lalai dan membuat polusi di sekitar perairan Kalifornia sejak tahun 2007 lalu. 

Pemerintah Amrik memutuskan pihak terkait untuk membayar denda sebesar USD 44,4 juta – sebagaimana dituntut mulai dari US Justice Department, State of California, The City and County of San Francisco dan City of Richmond – demikian info dari American Shipper.

Menurut catatan pemerintah, insiden ini menewaskan 6.849 burung dan merusak habitat pinggir sungai serta mengoyak sarana dan prasarana rekreasi. Bulan Februari 2010, operating company Cosco Busan, Fleet Management Ltd (Hong Kong) didenda USD 10 juta.

Kapten kapal, John Cota, didakwa bersalah dan di penjara 10 bulan. Penuntut umum dari pemerintah federal mendakwa Cota maupun Fleet Management bersalah. Kapten kapal dikritisi karena berlayar saat kabut tebal menyelimuti dan mengabaikan peringatan tanda bahaya. 

Jadi, kalo udah ada peringatan sebaiknya diperhatikan donk ...

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar