Kamis, 29 September 2011

JT 290911 : Pacific Express Selamat Dari Kepungan Perompak Somalia

Sebuah kapal komersil berbendera Siprus, bobot 22.600 ton, Pacific Express berhasil dinaiki 6 (enam) perompak yang berusaha menerobos masuk ke panic room (citadel) karena berusaha menghindar dari sergapan perompak.

Kapal yang dimiliki juragan asal Yunani ini, diawaki 26 anak buah kapal (ABK) dan berhasil diselamatkan karena disaat kritis muncullah kapal perusak Italia, Andrea Doria (6.000 ton) yang merupakan bagian dari pasukan patroli anti-perompak NATO.

Sebelum beraksi banyak, para perompak melarikan diri dan pasukan anti-perompak berhasil menyelamatkan 25 kru berkebangsaan Filipina dan 1 kru Ukraina. Kapal Pacific dikabarkan tengah membawa muatan 3.300 ton steel bars & coils.

Ya kalo berhasil, semakin berkibarlah prestasi para perompak Somalia yang saat ini dikabarkan tengah bergelimang harta, hasil dari sabetan upeti maupun uang tebusan (ransom) hasil aksi kejahatan tersebut.

Ngga disebutkan tujuan kapal maupun asal barang tersebut. Yang penting semuanya selamat dan kalo mo berusaha, perompakan di muka bumi harus dimusnahkan (gitu kali ye, bunyi deklarasi pasukan anti-perompak he 3x) agar kapal komersil dapat beroperasi secara normal.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar