Selasa, 27 September 2011

JT 270911 : GPT - Pesimis Volume Kontainer Tahun 2012

Jangankan memprediksi tahun 2012, banyak pengamat dan praktisi menilai tahun 2011 aja dengan sikap pesimis, banyak pelayaran kelojotan seperti cacing kepanasan. Baca deh rujukan sebelumnya, yang mencatat kerugian pemain global.

Adalah Global Port Tracker (GPT) yang merilis catatan North Europe Trade Outlook dan mengantisipasi bahwa volume kontainer di tahun 2012 tidaklah sebagus 2011. Waduuuuh, wong 2011 aja udah amburadul begini. Hiiiiiii serem ahh.

Penulis dari Hackett Associates dan Bremen Institute of Shipping Economics and Logistics menaksir pertumbuhan volume tahun 2011 hingga 8,89 juta TEUs tetapi ragu dengan prediksi tahun 2012 - kecuali ada pengurangan kapasitas yang cukup kentara.

Faktor penurunan volume yang paling kentara yakni dari Amrik, yang juga lagi mengalami kelesuan ekonomi, mirip niatan presiden Obama yang puyeng 7 keliling mengatasi tingkat pengangguran di negaranya yang cukup. Dibilang pulih iya tapi dampak pengangguran sebelumnya, khan belun tuntas.

Ngga cuma faktor volume yang bakal terpukul tetapi juga faktor harga (baca : ocean freight) bakal tertekan habizzz. Kebetulan GPT menelaah 6 (enam) pelabuhan besar di Eropa sebagai sumber rujukan analisisnya. Cukup kuat khan ?

Buat gambaran Pembaca saja. Seberapa optimis kita memandang tahun 2012 he he he ... dan jangan lupa trik-trik menyiasati tahun 2012. Kencangkan ikat pinggang lebih ketat. Minimal harus bisa melewati masa krisis dengan baik.

Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar