Rabu, 07 September 2011

JT 070911 : Alphaliner - 100 Unit Kapal Kontainer Nongkrong

Bisa jadi inilah tren yang sedang berkembang di industri pelayaran sejak krisis moneter tahun 1998, memarkirkan kapal kontainer yang nganggur (idle containerships) ato yang tak memiliki kegiatan berlayar karena sepinya order

Di tahun 2011, kejadian ini sudah berlangsung sejak awal tahun sehingga menimbulkan kekhawatiran luar biasa karena sangat berbeda sama sekali dengan kondisi tahun 2010 yang justru diluar dugaan, volume menguat dan pelayaran diberi bonus profit gede.

Kini, setelah melewati semester 1 (satu) bahkan memasuki paruh kuartal tingga yang biasanya mengalami beban puncak (peak season) karena kilas balik volume perdagangan menanjak justru saat menjelang Ramadhan dan menjelang Natal serta Tahun Baru.

Dalam laporan terakhirnya, Alphaliner sang konsultan maritim yang bermarkas di Paris, mencatat hingga akhir Agustus lalu diprediksi ada 100 unit kapal kontainer nongkrong nunggu dioperasikan dan nunggu ditawar ha ha ha ...

Survei Alphaliner yang dilaksanakan tanggal 29/08 lalu menyebutkan, ada 116 unit kapal nongkrong dibanding periode 2 (dua) minggu sebelumnya yang masih sekitar 98 unit doank. Total kapasitas yang idle mencapai 211.000 TEUs ato setara 1,4 % dari total armada yang beroperasi.

Walau kondisi sejak awal tahun kurang memuaskan namun upaya pengurangan secara drastis pun ngga banyak dilakukan selain berperang di pasar secara radikal. Dampaknya harga amburadul dan sejumlah pelayaran mengalami kerugian di kuartal 1 ato semester 1.

Selama kurun waktu 6 (enam) bulan ke belakang hanya 2 (dua) pelayaran saja yang mengurangi kapasitas secara mencolok, mereka adalah pelayaran yang tengah bergulat dengan permasalahan internal : CSAV (Cile) dan HMM (Korea Selatan).

Diurut dari TOP 20 pelayaran global, kapasitas justru bertambah 5,8 % selama periode tersebut namun komposisi kapal yang idle bervariasi dari berbagai segmen. Oh iya, CSAV mengurangi kapasitas hingga 119.000 TEUs sedangkan HMM cuma 19.000 TEUs.

Sampai seberapa lama ajang kapal kontainer nongkrong ini berlangsung, yuuuk kita amati bersama-sama. Rasa-rasanya sih ngga banyak berubah hingga kondisi akhitr tahun 2011, selain karena isu krisis yang melanda Yunani dan Perancis, juga Uni Eropa sedang prihatin berat.

Tapi outlook yang disampaikan oleh Maersk Line (pelayaran terbesar no. 1) maupun CMA CGM (no. 3 dunia) kondisi hingga akhir tahun cukup baik dan diharapkan membaik terus. Harapan tinggal harapan dan kita simak hasil akhir tahunnya. Good luck !

Sumber : Alphaliner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar