Minggu, 11 September 2011

JT 110911 : Profit Cosco Pacific Melejit

Afiliasi kelompok usaha transportasi raksasa RRCina, Cosco Group, kabarnya membukukan profit di semester 1 - 2011 sebesar USD 237 juta. Dialah Cosco Pacific (CP) yang berspesialisasi di biz terminal ato kepelabuhanan serta persewaan kontainer.

Keuntungan CP meningkat 24,8 % dibanding hasil tahun lalu dan kontributor yang cukup potensil adalah area pelabuhan di Bohai Rim. Sedangkan Shenzhen dan Shanghai cukup terhambat akibat melambatnya perekonomian di Eropa dan Amrik.

Gross profit meningkat 71 % menjadi USD 119,3 juta karena sumbangsih Piraeus Container Terminal (Yunani) dan Guangzhou South China Oceangate Container Terminal, yang tadinya dioperasikan bareng namun akhirnya menjadi biz unit penuh CP.

Bohai Rim menyumbangkan 39,2 % dari total thruput yang mencapai 9.522.797 TEUs dan berhasil menyisihkan volume Yangtze River Delta dan Pearl River Delta (PRD). Pelabuhan di kawasan Bohai Rim yang potensil : Qingdao Qianwan Container Terminal dan Tianjin Euroasia Terminal.

Sebagai pembanding, Yangtze River Delta menyumbang 15 % dari total thruput CP, yakni 3.634.691 TEUs. Selain dari biz terminal kontainer, CP juga memiliki usaha persewaan kontainer, pembuatan kontainer serta melego aset yang sudah tidak menguntungkan CP.

Bagus tuh evaluasi korporasi sekelas CP. Congrats.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar