Senin, 05 September 2011

JT 050911 : CMA CGM - Pelayaran Kecil Minggir Donk

Sejak kapasitas terbarukan datang di awal tahun 2011, fluktuasi harga mencapai titik yang menggetarkan nadi pemain global. Gimana ngga ? Ocean freight yang diprediksi bakal menjadi ladang pendapatan, mendadak ambrol.

Pengalaman tahun 2010 yang secara tidak sengaja mendorong profit pelayaran global, menjadi inspirasi pembangunan kapal-kapal gede (ka-ge) terus berlanjut. Namun tren perdagangan dunia dan kenyataan yang ada jauh dari harapan.

Akibatnya, terjadilah saling sunat harga (baca : perang harga). Ka-ge pun kebanyakan dioperasikan di rute Asia  Eropa (AE) serta merta untuk menghindari ancaman lebih parah, salah satu petinggi CMA CGM menyarankan, pelayaran kecil minggir dulu deh.

Siapa sih yang ngomong ? Dia adalah Rodolphe Saade yang juga salah satu eksekutif pelayaran Perancis yang kini bercokol di ranking 3 dunia, khusus di angkutan kontainer. Pasti ada lasan tersendiri kenapa do'i menyarankan seperti itu.

Menurut catatan Lloyd's List, Maersk, CMA CGM, Hapag-Lloyd (H-L) dan APL menderita kerugian yang cukup besar di semester 1 - 2011. Diperkirakan konstruksi kapal diatas 7.000 TEUs dengan agregat 1,6 juta TEUs, mayoritas bakal ditempatkan di AE ketimbang rute lain.

Dari total servis AE yang berjumlah 60, 13 diantaranya menggunakan kapal antara 2.500 - 4.999 TEUs dan 26 lainnya menggunakan kapal 5.000 TEUs hingga 7.499 TEUs. Lalu sisanya ? Tebak deh, mo dikemanain tuh ?

Anggota Aliansi strategis seperti The New World Alliance (TNWA) dan Grand Alliance (G.A) mendapat tekanan berat sehingga mengkonversi sejumlah konstruksi kapal baru dari kapasitas semula 8.000 TEUs, diadaptasi ke 13.000 TEUs. Semua terkait iklim kompetisi.

Bahkan yang paling seru adalah, upaya CMA CGM nendongkrak kapasitas hingga 16.000 TEUs sementara Maersk sudah cukup aman dengan disain kapal 18.000 TEUs dan jadi dipesan tuh. Ngga cuma CMA CGM yang menghimbau pelayaran kecil minggir.

CEO Maersk Group, Nils Andersen juga mengungkapkan bahwa investasi untuk bisa bermain di "liga utama" yakni AE bukanlah perkara gampang, apalagi di saat terjadi fluktuasi harga seperti sekarang. Yang punya strategi kuat dan modal kuatlah yang bisa bertahan.

Kayaknya, kita harus monitor kompetisi dan perkembangan terkini di industri pelayaran tahun 2011 supaya bisa mereka-reka kondisi pelayaran tahun 2012. Setidaknya sudah berusaha, dengan mengandalkan data empiris dan "feeling" he he he ...

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar