Sabtu, 20 Agustus 2011

JT 200811 : SinOceanic Beli Kapal Baru MSC 13.100 TEUs

Waduuuh, dunia persilatan ... ehh pelayaran geger lagi nih. Apa yang membuah heboh kali ini ? Rupanya, tindakan perusahaan RRCina yang bernama SinOceanic Shipping saat membeli sebuah kapal 13.100 TEUs milik MSC.

Kapalnya sendiri belum jadi dan masih dalam tahap konstruksi namun entah ada kesepakatan apa - salah satunya sih sewa balik 15 tahun - kapal yang dipesan Mediterannean Shipping Co. (MSC) akhirnya dilepas ke SinOceanic Shipping.

Afiliasi sang maestro dari RRCina, SinOceanic III, membayar harga kapal berkapasitas 13.100 TEUs tersebut senilai USD 156 juta ke pihak MSC. Kapal ini dibangun di galangan kapal Hyundai Heavy Industries (HHI) dan akan dikirim sekitar bulan Maret/April 2012.

MSC bakal menyewa balik kapal ini untuk masa 12 tahun dengan opsi 3 tahun bareboat-charter senilai USD 255 juta. SinOceanic bakal membiayai seluruh pembangunan kapal ini dan salah satu kucuran dananya datang dari lembaga pembiayaan milik HNA Group, Oceanus International Investment.

(Boleh jadi) SinOceanic bakal dikembangkan menjadi salah satu embrio ship-owning & shipping investment dalam beberapa tahun kedepan oleh konglomerat RRCina. Siapakah dia ? Tebak sendiri deh. Khan udah ada kata kuncinya he 3x.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar