Rabu, 17 Agustus 2011

JT 170811 : Kali Ini, Giliran Textainer Yang Panen

Ironi ato keberuntungan nih kita menyebutnya ? Soalnya cukup kontradiktif. Pelayaran global merana dan kebanyakan merugi, ehh ... perusahaan persewaan kontainer malah melambung. Biasalah hukum dagang Bro'.

Kebetulan pelayaran global sedang asyik-asyiknya memesan kapal gede (ka-ge) dan berhubung ngga diimbangi dengan pengadaan kontainer yang cukup, akibatnya khan harus sewa. Walau margin kecil tapi kalo sewa yang diambil banyak, ya untunglah.

Buktinya, ngga cuma Textainer yang lagi sumringah dengan kondisi keuangannya saat ini. Rujukan lain, silahkan baca JT 080811 : Profit CAI Internatioanl Meroket 92 Persen, JT 050811 : GE SeaCo Dijual ke Grand China dan JT 080611 : IICL - Tren Permintaan Kontainer Meningkat.

Biz Textainer mencatat keuntungan berlipat, yakni naik 106 % di kuartal 2 - 2011 menjadi USD 51,7 juta, dibanding periode Apr - Jun tahun 2010. Peningkatan ini merupakan kontribusi penjualan unit, harga sewa harian serta membaiknya utilisasi.

Selama semester 1, pihak Textainer terbantu dengan kondisi pasar yang masih ajeg namun menyimak performansi bulan Juli dan Agustus, pihaknya malah menahan pembelian dan produksi dry container akibat menurunnya permintaan.

Yang menggembirakan justru biz persewaan kontainer berpendingin (refrrigerated container), permintaannya stabil dan meningkat walau sedikit. Harapan Textainer (dan juga perusahaan persewaan lainnya), semoga volume menjelang akhir tahun 2011 tetap membaik.

Bila tidak maka dampak jangka pendeknya saja bisa menggerus profit yang sudah dibukukan saat ini. Mau ? Pasti harus berkreasi mencipta pasar dan membaca sikon secara hati-hati supaya ngga jebol.

Merdeka !

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar