Minggu, 14 Agustus 2011

JT 140811 : Maersk The Transformer

Minggu-minggu ini, berbarengan dengan bulan suci Ramadhan, peredaran filem Hollywod kembali digelar di Tanah Air. Filem-filem yang hadir pun bervariatif, termasuk yang tengah digandrungi peminat bioskop, yakni Transformer 3.

Yang dibicarakan kali ini bukan melulu urusan dunia perfileman tetapi industri pelayaran yang terinspirasi (mungkin) filem Transformer - begitu kami menyebutnya - setuju ato tidak, terserah Pembaca. Bukannya ngurus tarawih koq filem ? Tinggal atur waktunya Bro'.

Adalah pelayaran Denmark yang punya gawe mengkonversi kemampuan kapal, dari 8.600 TEUs menjadi 10.000 TEUs, caranya dengan menambah wheelhouse dan tempat stack kontainer - tentu disainnya dibuat secara proporsional.

Proses upsizing capacity yang dilakukan pelayaran nomor satu dunia, Maersk Line dikhususkan untuk 16 unit kapal kelas-S (S-class) - demikian menurut laporan media yang berbasis di London, Containerisation International (CI). 

Rekonstruksi awal sudah dijalankan di galangan kapal Bei Hai, Qingdao, RRCina dan pekerjaan ini diharapkan tuntas bulan Oktober 2012 mendatang. Maersk berharap bisa mendapatkan tambahan slot sebesar 52.000 TEUs. Luar biasa !

Dalam laporan CI ngga disebutkan dampak kelaikan kapal (seawothiness) bila diperbesar seperti yang diinginkan Maersk. Biasanya konstruksi awal lantas dirubah akan mengalami penyesuaian disana-sini dan inilah yang belum dibuka ke publik.

Seberapa aman dan seberapa yakin pihak Maersk Line dapat mengoperasikan kapal hasil transformasi ini, kita akan lihat sesuai perjalanan waktu. Here we come, Maersk the Transformer he 3x. Just see the show.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar