Rabu, 03 Agustus 2011

JT 030811 : Raport CSCL & Shreyas Jeblok

Salah satu pelayaran yang secara terbuka meng-kambinghitam-kan pertambahan kapasitas menjadikan China Shipping Container Lines (CSCL) merugi di semester 1 ato 6 (enam) bulan pertama tahun 2011.

Selain isu overcapacity, CSCL juga menuding krisis utang Eropa, meningkatnya biaya operasi serta dampak gempa bumi di Jepang tempo hari, turut berkontribusi atas hasil negatif ini. Pernyataan ini benar namun belum disahkan.

Selain CSCL, pelayaran lain yang dikabarkan sudah mendapat raport merah alias merugi, adalah Shreyas Shipping & Logistics. Pelayaran yang terdaftar di Mumbai ini mengalami kerugian (loss) di kuartal 1 (yang berakhir 30/06, menurut laporan tahun fiskal mereka).

Selama periode Apr-Jun 2011, Shreyas merugi INR (India Rupee) 10,7 juta (= USD 243,211) berbanding net profit di periode yang sama tahun lalu, INR 16,3 juta - salah satu penyebabnya kapal mereka dry-docking alias masuk daftar perawatan rutin.

Absennya salah satu kapal Shreyas ini mengakibatkan kerugian hingga INR 63 juta, disamping terbebani 20 % biaya bunker sekitar INR 23 juta. Jadi, untuk 3 kuartal kedepan, hasilnya harus maksimal supaya ngga jeblok.

Di bulan Juni lalu, Shreyas baru saja menyewa 1 (satu) unit kapal kontainer time-charter untuk jangka waktu 1 tahun dan juga 1 (satu) unit bulk carrier, sebagai upaya diversifikasi usaha. Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar