Rabu, 24 Agustus 2011

JT 240811 : XCL Masuk Amerika Latin

Walau industri pelayaran tengah dihantam krisis anyar, toh tetap aja ada yang optimis. Buktinya, operator kapal asal Inggeris, X-press Container Line (XCL) berhasil masuk daratan Amerika Latin untuk pertama kalinya - demikian catatan Alphaliner.

XCL merupakan bagian dari X-press Feeders Group - yang juga mengoperasikan Sea Consortium di Singapura - di tahap awal bakal menjalankan 2 (dua) feeder, salah satunya yakni kapal Caribe Legend (509 TEUs). Servis yang ditawarkan ada 2, satnya hasil kerjasama dengan Evergreen.

Dua servis dimaksud : Panama - Central America X-press (PCX) dan Panama - Venezuela X-press (PVX-CAS). Keduanya memiliki frekuensi mingguan namun CAS (Evergreen) bisa masuk 10-11 hari jika menggunakan 1 kapal.

PCX menghubungkan Manzanillo - Puerto Cortes - Santo Tomas de Castilla sedangkan PVX-CAS mengkoneksi Manzanillo - Colon - Coco Solo - Curacao - La Guaira - Puerto Cabello. Hapag-Lloyd (H-L) salah satu penyewa slot XCL nantinya.

Fasilitas di Coco Solo saat ini dipergunaakan oleh Evergreen. XCL bakal membawa serta Henriette Schulte (1.684 TEUs) dan dijodohan dengan kapal Evergreen Conti Daphne (2.127 TEUs, menggantikan kapal sebelumnya Hansa Ronnenburg 1.740 TEUs).

Dimana ada peluang, sikat aja bleh, walau jauh dari tanah kelahiran, yang penting bisa menangguk untung he 3x. Congrats XCL.

Sumber : Dari Sana-sini (mohon maaf, JT 230811 kemaren ngga terbit karena ruepoooot).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar