Jumat, 19 Agustus 2011

JT 190811 : Langgar Embargo, CMA CGM Didenda USD 374.400

Pelayaran ke-3 terbesar di dunia, CMA CGM, dipaksa harus membayar denda karena melakukan pelanggaran embargo perdagangan. Setidaknya ada 28 shipment (pengapalan) ke 3 (tiga) negara terlarang : Iran, Sudan dan Kuba.

Dendanya pun lumayan asyik, USD 374.400 ato kalo di-rupiah-kan dengan anggapan kurs 1 USD = 8.000 sekitar Rp 3 milyar kurang (tepatnya Rp 2.995.200.000). Waduuuh duit segede itu kalo pas bulan Ramadhan bisa dipake buka puasa bareng berapa kampung di Somalia ye ?

Shipment dilakukan antara bulan Desember 2004 hingga April 2008 - demikian catatan US Treasury Department's Office of Foreign Assets Control. Di Amrik, departemen cukup disegani karena mengontrol aset asing yang mengontrol urusan transaksi setiap negara yang dimusuhi (khususnya).

Urusan dengan Amrik memang harus siap berpahit-pahit ria. Ga ada teman abadi jadi kalo salah dilibas juga. Ya gitu deh. Pelayaran asal Perancis ini harus menelan kegetiran membayar denda sejumlah diatas demi reputasi.

Maret lalu, Angkatan Laut Israel menahan dan menemukan 50 ton senjata dan amunisi dari Iran, di sebuah kapal yang dioperasikan oleh CMA CGM. Senjata ini dilaporkan akan dikirim ke Jalur Gaza namun pihak CMA CGM menolak tuduhan tersebut.

Bukti nyata ada didepan mata, jadi ngga ada pihak yang bisa berkilah. Siapapun bakal ketempuhan bila menghadapi posisi seperti CMA CGM. Ada prinsip yang dipegang, Namanya STC alias "said to contain".

Bahwa isi didalam kontainer menjadi tanggung jawab pengirim barang atau Shipper dan isi dalam kontainer yang tahu ya Customer itu sendiri, kecuali ya ada niatan jahat alias gak jujur sehingga pelayaran dikadalin dan ketempuhan seperti diatas. Apes namanya.

Artinya, ada pemalsuan dokumen yang dilakukan Shipper, harusnya jujur ditulis komoditi A ternyata diganti komoditi B yang jelas-jelas dilarang dikirim seperti yang dilakoni CMA CGM. Mayoritas pelayaran akan menggunakan dalih yang sama, STC itu loh Bro'.   

Rujukan sebelumnya, untuk isu kapal CMA CGM yang ditahan maupun permusuhan Amrik dengan Iran, silahkan baca : JT 170411 : Perseteruan Amrik vs Iran, JT 090411 : Reuni 5 Kapal IRISL dan JT 190311 : Kapal CMA CGM Ditahan Israel.

Take care.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar