Sabtu, 27 Agustus 2011

JT 270811 : Giliran SCI & MISC Dapat Raport Merah

Waktu sekolah dulu, dapat raport merah bisa jadi momok menakutkan karena bukan pujian yang bakal diterima, malah keprihatinan. Ada juga yang gondok hingga akhirnya keluar cacian dan makian. Bijakkah ?

Lagi, itu sih penilaian relatif. Kini saat bekerja, ternyata perusahaan pun punya raport sendiri tapi wali kelasnya semu. Adalah Shipping Corporation of India (SCI) dan Malaysia International Shipping Corp. (MISC). Dari namanya SCI asal India sedangkan MISC pasti Malaysia punya.

Kabarnya, SCI menderita rugi di sektor liner business selama kuartal pertama yang berakhir 30 Juni lalu.Revenue aktifitas liner meningkat 1 % doank menjadi INR 2,74 milyar (= USD 60 juta) - demikian menurut laporan media Containerisation International (CI).

Operating loss kuartal satu INR 617 juta, berbanding lurus dengan operating profit periode yang sama di tahun 2010, INR 262 juta. Kontribusi divisi liner terhadap pendapatan grup sekitar 29,5 %. Yang cukup membebani SCI adalah faktor bahan bakar.

Mimpi buruk SCI ngga dilakoni sendirian. Sejumlah pelayaran global memerinci hal serupa menimpa mereka akibat ketimpangan perdagangan yang terjadi sejak awal 2011. MISC pun yang mendapat cubitan keras di sektor angkutan tanker.

Pendapatan MISC di kuartal 1 - 2011 hanya RM 187 juta sedangkan revenue kuartal 1 - 2010 mencapai RM 461 juta. Biasa deh, MISC menyodorkan alasan prospek biz tanker dan rendahnya tingkat harga di pasaran, yang menyebabkan kerugian tersebut.

Untungnya bila bermain kapal tanker, mereka terselamatkan ikatan kontrak jangka panjang sehingga akan lebih mudah penetrasinya begitu kondisi perdagangan ekonomi dunia bisa pulih segera.

Selain biz tanker, MISC mengkhawatirkan juga biz liner, angkutan minyak dan bahan kimia. Bila harga tak terkoreksi dalam 6 bulan kedepan, bisa remuk redam deh. Take care.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar