Minggu, 21 Agustus 2011

JT 210811 : Alphaliner - Perlombaan Kapal Gede Terus Berlanjut

Maersk Line senantiasa menjadi pelopor bila kita berbicara kapal kontainer mega alias ukurannya gede banget. Selalu dan hampir bisa dipastikan begitu. Tahun 2006 lalu, Maersk memulai proyek ultra-large containerships dengan tipe kapal E-Class. Ingat cerita hebohnya Emma Maersk tempo hari ?

Catatan biro riset Alphaliner hingga kini masih membahana dan jangan salah bila Maersk Line telah mengumumkan pembangunan 20 unit kapal EEE-Class berkapasitas 18.000 TEUs. Belum ada pelayaran global lain yang ikut bermain. Ini terjadi di tahun 2011.

Masa pengirimannya pun sudah diambang pintu, antara 2013 - 2015. Ngga cuma itu. Untuk menjaga posisinya sebagai pelayaran nomor wahid, Maersk melakukan "penyesuaian kapasitas" (capacity boost), dari 8.200 - 8.600 TEUs S-Class menjadi 9.600 TEUs.

Tujuan utama peningkatan kapasitas (bila mau dikatakan begitu), adalah untuk menjaring kargo ringan dan keperluan repo MTY (kontainer kosong). Bukan untuk sembarang kargo karena bisa mengganggu stabilitas kapal.

Upgrading program dari jumlah 10 kapal S-Class ini bakal menambah kekuatan Maersk dengan 12.000 TEUs - demikian catatan Alphaliner. Kapal tipe ini merupakan kapal generasi kontainer pertama yang dibangun dengan kapasitas diatas 8.000 TEUs.

Maersk membangun 25 armada kapal S-Class antara tahun 1997 dan 2002. Dari total 25 unit, 10 diantaranya sudah disetujui bakal dikonversi segera sedangkan sisanya menunggu jadual, 2 diantaranya sudah jalan : Carsten Maersk dan Charlotte Maersk.

Kapal ke-3 Svend Maersk sedang menunggu giliran upgrading dan direncanakan selesai September mendatang. Minimal 1 kapal menjalani masa konversi selama sebulan.Jadi kalo target utama 10 unit, ya 10 bulan 'lah.

Dalam 12 bulan terakhir, rupanya ngga cuma Maersk yang punya hajat mengkonversi kekuatan kapal menjadi lebih gede. Sebut saja CMA CGM yang berniat membetot 3 kapal dan menyodorkan upgrading dari 13.830 TEUs menjadi 16.000 TEUs (DSME).

Hapag-Lloyd (Jerman) juga ngga mo ketinggalan, ikut memodifikasi kapal anyarnya, dari kapasitas awal 8.750 TEUs menjadi 13.100 TEUs (HHI) dan NOL juga menyodok kapasitas, dari 8.400 TEUs menjadi 9.200 TEUs (DSME).

Yang terakhir, NYK Line ikut kena arus kejut Mak Erot he 3x, mendorong kapasitas semula yang 6.350 TEUs menjadi 8.000 TEUs. Ini masalah kebutuhan ato ada prestise terselubung dibalik konversi meng-konversi ini ?

Entahlah. Yang pasti perlombaan mambangun armada tergede akan terus melaju dari waktu ke waktu. Tinggal menunggu pemenang dan siapa yang kalah dalam kompetisi gila-gilaan ini. Wait and see. 

Rujukan info sebelumnya di rentetan jurnal ini, silahkan baca JT 140811 : Maersk The Transformer dan JT 170711 : Maersk Line Pastikan Order Tambahan 10 x 18.000 TEUs.

Serta JT 090711 : MSC Terus Buntuti Maersk Line, JT 070711 : Pelayaran & Juragan Kapal Tetap Bangun Kapal Gede dan JT 150611 : CMA CGM Rubah 3 Kapal Menjadi 16.000 TEUs.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar