Sabtu, 06 Agustus 2011

JT 060811 : Trio Jepang MOL, NYK, "K" LIne Jeblok.

Geliat biz yang kurang pas di kuartal 1 - 2011 terbukti bisa membuat jeblok kocek pelayaran besar dunia. Hitungan kalender keuangan (tahun fiskal mereka berakhir 31 Maret), jadi yang dimaksud kuartal 1 diatas yakni periode April - Juni.

Mitsui O.S.K Lines (MOL) merugi USD 103,2 juta (net loss JPY 8 milyar) serta penurunan revenue sekitar 12,1 %. Hal ini berbanding terbalik dengan hasil tahun lalu di kuartal 1 yang membukukan laba (net profit) JPY 20,8 milyar.

Kerugian diakibatkan kombinasi tingginya harga minyak, tarif yang jelek serta dampak gempa bumi dan tsunami tempo hari di Jepang. Kedepannya, MOL akan lebih berhati-hati terhadap apresiasi nilai tukar Yen serta melemahnya permintaan dunia.

Selain MOL, Nippon Yusen Kabushiki Kaisha (NYK Line) juga melaprkan kerugian yang diderita, yakni USD 91,68 juta di kuartal 1 - 2011. Padahal di tahun lalu (periode yang sama), berhasil membukukan profit USD 294,79 juta. Aje gile khan.

Secara keseluruhan, sektor angkutan laut berkontribusi negatif di kuartal 1. Namun pencapaian bagus justru dicapai di sektor non-shipping, termasuk terminal kontainer dan jasa angkutan udara. Nah bisnis memang ngga harus tertumpu di satu kaki. Huebat euy.

Nasib kurang beruntung juga menimpa pelayaran Kawasaki Kisen Kaisha ("K" Line). Pihaknya mengeluarkan pernyataan, di kuartal 1 mengalami kerugian USD 47,78 juta, berbanding terbalik dengan hasil tahun lalu net profit USD 202,6 juta.

Alasan penyebab anjloknya performansi mereka ngga jauh-jauh seperti yang disampaikan MOL. Jadi tahun ini memang akan berbeda alias ngga akan secerah tahun 2010 lalu. Surprise surprise profit waktu itu, kini rame-rame bersiap mengeluarkan raport merah.

Percaya ngga ? Sambil puasa, afdolnya baca-baca sesuatu yang bernuansa religi tapi jangan lupa juga suplai nutrisi pengetahuan seperti ini masih dibutuhkan. Cukup luangkan waktu 5 menit, serasa Pembaca berselancar 5 jam di dunia maya.

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga barokah. Amin.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar