Sabtu, 13 Agustus 2011

JT 130811 : HMM Order Kapal 13.100 TEUs

Gebrakan pelayaran-pelayaran global untuk memanjakan Customernya ngga tanggung-tanggung. Selalu berupaya memberikan yang terbaik tetapi belum tentu dengan harga yang baik 'loh. Tergantung supply & demand.

Bila pelayaran lain sudah sejak lama memesan kapal gede (ka-ge) berkapasitas diatas 13.000 TEUs, lain lagi yang dialami oleh pelayaran Korea Selatan yang senantiasa dihantam isu internal, Hyundai Merchant Marine (HMM).

Belum lama ini, pihak HMM mengumumkan niatannya membangun armada kapal anyar yang berkapasitas 13.100 TEUs sebanyak 5 (lima) unit dulu. Pihak HMM harus merogoh kocek hingga KRW 695 milyar (= USD 643 juta).

Pfffuih, mana lagi prihatin gini, tapi demi Customer, apa sih yang ngga he 3x. Tapi alasannya HMM, selain untuk beradaptasi dengan kebijakan mitranya di New World Alliance (NWA), datangnya kapal baru ini (konon) bisa meningkatkan persaingan dan menghemat biaya.

Pembangunan kapal baru ini dipercayakan ke galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME). Walau di grup Hyundai mereka memiliki galangan terbesar didunia, tapi ngga harus khan order di HHI.

Itulah biz, harus selalu memilih opsi yang efisien dan bermanfaat bagi perusahaan (setidaknya itu yang bisa disarikan). Ngga pernah ada kata terlambat, maju terus pantang mundur. Selamat menyimak.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar