Kamis, 11 Agustus 2011

JT 110811 : Kapal Sewa COSCO Ditahan Lagi

Ini kali kedua, kapal Cosco Holdings Co. ditahan oleh pihak yang berkepentingan. Kabarnya, ini kejadian ke-2 dalam waktu kurang dari sebulan dan pihak pemilik kapal (shipowner) mengejar pembayaran sewa kapal.

Masak sih gak bayar ? Buktinya, Classic Maritime Inc. menuntut Cosco Bulk Carrier Co. untuk membayar sewa kapal Jia Li Hai senilai USD 2,7 juta. Kasus ini sudah dilaporkan ke pengadilan setempat, di negara bagian Louisiana, Amrik.

Bulan lalu, kapal lain yang disewa Cosco dituntut juga oleh pihak Arlen Maritime Co. karena kabarnya belum membayar sewa sebesar USD 8,58 juta - demikian menurut sebuah sumber di pengadilan Singapura.

Sebenarnya, kedua kapal tersebut dalam status sewa untuk periode jangka panjang (long-term contracts) hingga munculnya gonjang-ganjing harga di pasar dunia sehingga menyerempet juga harga sewa kapal diatas.

Semisal isu Classic Maritime, pihaknya menyeret kapal yang disewa Cosco sekitar 01/08/2008 - menurut dokumen pengadilan - namun pihak Cosco gagal membayar kewajibannya di tanggal 01/07 dan 01/08. Jadi maunya gimana gitu loh ?

Menurut bocoran kawat elektronik, China Cosco menyebutnya isu ini murni terjadi karena faktor bisnis semata (pure business behaviour). Dalam email terpisah, disebutkan lagi, semuanya aman, ngga ada masalah.

Lha, buktinya pemilik kapal menggugat, koq dibilang aman terkendali ? Wah, ini sih runyem urusannya. Yang penting Pembaca tahu aja deh. Urusan pengadilan dan gugat-menggugat serahkan pada ahlinya.

Sumber : STA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar