Sabtu, 30 Mei 2020

JT 300520 : Akibat Pademi Coronavirus, Boeing Siap PHK Ribuan Karyawan


Isu yang selama ini dikhawatirkan, akhirnya muncul juga. Pandemi Coronavirus sudah menyenggol berbagai sektor, termasuk industri penerbangan. Gak tanggung2 yang kena pun pabriknya pembuat pesawat terbang yakni Boeing.

Pada hari Rabu, pihak Boeing Co. mengatakan bahwa pihaknya akan memangkas lebih dari 12.000 pekerjaan di Amrik, termasuk 6.770 PHK karena pembuat pesawat terbesar di Amrik itu terdampak pandemi Coronavirus.

Perusahaan mengumumkan pada bulan April bahwa mereka akan memangkas 10 persen dari tenaga kerja di seluruh dunia dari 160.000 pada akhir tahun 2020. Boeing mengatakan pada hari Rabu, 5.520 karyawan akan mengambil PHK sukarela, dan juga pihaknya memberi tahu 6.770 pekerja PHK secara paksa.

Dalam beberapa hari ini, Minneapolis tengah diguncang demo besar2an dan menjalar ke area lain di Amrik, sementara itu di panggung politik global, Amrik sedang diuji RRCina, saat kapal perangnya diusir dari Laut Cina Selatan / LCS oleh pihak RRCina.

Apakah eskalasi perang dagang yang selama ini sudah terbentuk baal meledak menjadi perang militer ? Gak diharapkan karena belum juga pulih dari dampak pandemi, nanti satu persoalan baru muncul.

Intinya, jika kawasan Laut Cina Selatan memanas, bagaimana posisi kapal2 komersil / kontainer yang melintas dari seluruh pelabuhan2 RRCina + Jepang + Korea menjadi terganggu. Demikian transaksi perdagangan berskala besar.

Kita tunggu perkembangan di negeri Paman Sam, berikut juga hubungan diplomatik yang memanas antara Amrik + RRCina.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar