Minggu, 17 Mei 2020

JT 170520 : WHO Ingatkan Kewaspadaan Ekstrem


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Senin tgl 11/05 memuji berkurangnya tingkat infeksi Coronavirus (COVID-19) + angka kematian di beberapa negara. Kayaknya gak termasuk Indonesia deh, karena gak ada tanda2 akan menurun. Nyindir nih he he he.

Sebaliknya pihak WHO juga meminta agar semua negara menunjukkan "kewaspadaan ekstrem" ketika mulai melonggarkan aturan pembatasan + kuncian (lockdown). Di Indonesia ada PSBB ato karantina wilayah gitu deh.

Negara2 Eropa memulai proses pembukaan kembali kegiatan perdagangan, bisnis dan sekolah, serta melonggarkan aturan lockdown. Para pejabat di negara-negara seperti Jerman, Perancis, Spanyol mengatakan bahwa tingkat kematian COVID-19 telah menurun.

Direktur Eksekutif Program Darurat WHO Michael Ryan memuji pencabutan lockdwon secara bertahap sebagai tanda "harapan". Namun dia mengingatkan bahwa "kewaspadaan ekstrem diperlukan".

WHO memperingatkan bahwa bahkan jika negara2 gak mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghentikan penyebaran virus, populasi mereka akan dengan cepat membangun apa yang disebut kekebalan kelompok ato herd immunity.

Hmm menarik ini sitilah baru, herd immunity. Cek di Mbah Google sembari belajar.

Sumber : Kontan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar