Selasa, 12 Mei 2020

JT 120720 : Avianca Bangkrut !


Gak pabrik pembuat pesawat terbang, gak operator pesawat penerbangan, saat ini tengah nangis Bombay dengan upaya keras supaya bisa bertahan dari amukan pandemi Coronavirus di seluruh jagad.

Maskapai penerbangan yang gak sanggup bertahan, langsung mengusung bendera putih, termasuk yang dialami maskapai penerbangan tertua ke-dua didunia asal Kolombia, yaitu Avianca Holdings.

Kabarnya,Avianca – maskapai penerbangan terbesar di Amerika Latin - mengajukan perlindungan dari kebangkrutan pada hari Minggu tgl 10/05 akibat gagal memenuhi tenggat waktu pembayaran obligasi yang sudah jatuh tempo, tertimpa tangga pula.

Mengutip Reuters, Senin 11/05, Avianca belum melakukan penerbangan penumpang yang dijadualkan secara rutin sejak akhir Maret 2020 dan sebagian besar dari total 20.000 karyawannya belum dibayar gajinya karena krisis ini.

Sementara itu, kondisi bisnis Avianca sudah sekarat sebelum wabah corona dan Avianca masih mengharapkan bailout / bantuan dari pemerintah. Kepala Ekonom, di pialang Casa de Bolsa di Bogota, Juan David Ballen gak heran dengan kondisi Avianca.

Avianca, maskapai penerbangan tertua kedua di dunia yang terus beroperasi - setelah maskapai penerbangan Air France KLM - memiliki utang USD 7,3 Miliar pada 2019. Kini pihak Avianca secara resmi mengajukan perlindungan dari kebangkrutan.

Kita tunggu aja kelangsungannya bijimane yee.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Reuters.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar