Senin, 11 Mei 2020

JT 110520 : Musibah MT Jag Leela, MV Sharaz + MV Samudera Sakti


Astagfirullah aladzhiim, cukup kaget mendapat kiriman video via WA serta melihat di IG, bahwa kapal tanker MT. Jag Leela terbakar di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara. Kapal tersebut saat itu sedang melakukan perawatan.

Kejadian diatas terjadi sekitar pukul 08.00 di hari Senin tgl 11/05, tepatnya di galangan kapal milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard. Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad mengatakan hingga saat berita ini diturunkan, proses pemadaman api sedang berlangsung

Ada 3 (tiga) kapal terlibat dalam kegiatan pemadaman dari sisi laut. Kapal-kapal tersebut adalah milik Pelindo I + PT. Waruna. Investigasi penyebab kecelakaan sedang berlangsung. Tidak ada korban jiwa menurut laporan sementara.

Sementara itu, agak turun ke bawah di Kepulauan Riau, ada juga musibah kapal kandas, gak tanggung2 ada 2 unit. Satunya kapal kontainer MV. Sharaz +  kapal curah, MV. Samudra Sakti, yang dilaporkan kandas pada hari Senin juga pukul 02.00 LT di Perairan Batu Berhenti, Pulau Sambu, Batam.

Posisi kapal MV. Samudra Sakti dilaporkan kandas pada posisi 01° 11′ 097″ N – 103° 52′ 905″ E. Sedangkan kapal MV. Sharaz kandas pada posisi 01° 11′ 25″ N – 103° 52′ 854 ” E.
Sejumlah kapal penolong berada di lokasi musibah melaksanakan kegiatan Search And Rescue (SAR) dan berkoordinasi dengan kapal patroli KN. 366 + KSOP Tanjung Balai Karimun cq. Wilayah Kerja Pulau Sambu.

Capt. Handry menjelaskan, kapal MV. Sharaz berbobot GT 74.175 berlayar dari Port Klang Malaysia menuju Shanghai, Tiongkok dan saat ditemukan dalam kondisi miring 4° ke kiri serta melintang di dekat rambu suar Batu Berhenti.

Untuk kapal MV. Samudra Sakti berbobot GT. 14.446 yang berlayar dari Belawan kandas namun posisi masih aman, stabil dan tidak mengalami kebocoran. Besar kemungkinan diijinkan melanjutkan perjalanan.

Ikut prihatin dan tetap semangat. Senin kelabu nih ...

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar