Rabu, 20 Mei 2020

JT 200520 : Amrik Tingkatkan Eskalasi Perang Dagang Dengan RRCina


Pemerintahan Amrik dibawah Presiden Donald Trump dibuat senewen dengan sikap RRCina yang saat negosiasi dianggap terlalu jumawa sehingga eskalasi perang dagang kedua negara sepertinya akan memasuki babak baru.

Kekesalan Trump sebenarnya dipicu ulah Xi Jin Ping yang dianggap gagal menangani dan telat menginformasikan penyebaran wabah Coronavirus hingga ke tingkatan seperti sekarang ini ke seluruh dunia.

Amrik dan sejumlah negara tengah menyiapkan gugatan untuk menuntut ganti rugi atas kelalaian RRCina menangani Coronavirus, sejak pertama muncul di Wuhan dan kini kabarnya serangan virus gelombang kedua sedang melanda warga Wuhan.

Bahkan pilihan paling ekstrem pun, memutus hubungan (diplomatik), disebut-sebut akan digunakan oleh Trump jika sikap RRCina dianggap keterlaluan oleh Amrik. Ini adalah kabar terakhir yang dilansir surat kabar Financial Times (FT).

Trump beralasan, jika langkah terakhir yang diambil, Amrik bisa menghemat USD 500 Milyar. Hanya saja Trump gak menyebutkan asal muasal angka diatas, berasal dari mana aja ? Keppo aja kita.

Memang ngga disebut khusus, untuk memutus hubungan diplomatik tetapi kata2 bersayap yang dipake yaitu memutus hubungan doank (cut off relations), bisa diartikan ke arah sana. Terlalu dini ? Bisa jadi tapi Trump khan tergolong pemimpin unik.

Salah satu tindakan yang mencerminkan keseriusan Amrik adalah, kontrol terhadap ekspor chips dari Amrik ke RRCina di sektor komoditi semi konduktor. Perusahaan telekomunikasi Huawei amat membutuhkan perangkat dimaksud.

Trump bahkan menegaskan bahwa dana pensiun milik warganya juga gak diijinkan diinvestasikan di RRCina karena untuk melindungi hal2 yang gak diinginkan.selama perang dagang berlangsung.

Pokoknya di era Trump, semua perusahaan Amrik yang memiliki kaitan bisnis dengan Huawei mendapat pengawasan khusus agar tidak disalahgunakan oleh RRCina. Kecurigaan Amrik terhadap RRCina sangat besar.

Selanjutnya bagaimana ? Kita ikuti sikap keras Trump + Xi Jin Ping dalam beberapa hari kedepan. Apakah dampak hubungan yang memburuk diantara kedua negara, membuat Trump mengambil keputusan untuk mengalihkan investasi Amrik di RRCina pindah ke Brebes ? Entahlah.

Sumber : Dari Sana-sini / Ilustrasi : Media Harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar