Sabtu, 09 Mei 2020

JT 090520 : H-L Order Kapal 23.000 TEUs


Persaingan membangun kapal gede (ka-ge) gak pernah luntur. Walau situasi ekonomi masih lembek seperti sekarang karena pandemi wabah Coronavirus melanda dunia tapi program ekspansi + peremajaan harus tetap jalan.

Pelayaran asal Jerman, Hapag-Lloyd AG (H-L) segera bergabung dengan MSC, CMA CGM + HMM yang sudah memesan ka-ge dengan kapasitas 23.000 TEUs. Cepat ato lambat H-L harus memiliki ka-ge – demikian sapa CEO Rolf Habben Jansen.

Hingga saat ini, H-L sebagai perusahaan pelayaran terbesar ke-5 terbesar di dunia memang belum ada catatan memesan kapal baru. Agregat H-L saat ini 1,7 juta TEUs. H-L berencana ngorder 6 x 23.000 TEUs tapi masih dipertimbangkan.

Yang bikin ngeper pimpinan mana pun juga, akibat pandemi Covid-19 banyak blank sailing dan rumah riset Alphaliner menyebutkan ada sekitar 3 juta TEUs slot yang parkir dan tidak termanfaatkan dengan optimal.

Kita semua berharap bahwa Coronavirus bisa segera berlalu dan kehidupan kembali ke kondisi normal walau tidak senormal dulu. Kini ada era baru yang dinamai New Normal. Selamat datang di era kenormalan baru.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Setarde Maritime.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar