Sabtu, 16 Mei 2020

JT 160520 : Delta Pensiunkan Boeing 777


Gelompang PHK di Amrik sudah terhampar jelas, khususnya untuk industri penerbangan. Maskapai penerbangan Delta Air Lines (selanjutnya disebut Delta), disebut-sebut bakal memarkir armada Boeing 777 secepatnya.

Guna menghadapi pandemi wabah Coronavirus yang menghantam industri travel, yang juga menjadi pendukung jasa maskapai penerbangan, Delta didorong untuk segera mempensiunkan 18 pesawat besarnya.

Maskapai akan membutuhkan dana USD 1,7 Milyar untuk memarkir armada Boeing 777 dan sejumlah pesawat kecil lainnya. Selanjutnya, untuk rute jarak jauh Delta akan memanfaatkan pesawat Airbus jenis A350-900 + A330.

Kabarnya, pesawat produksi Airbus lebih hemat bahan bakar ("more fuel-efficient and cost-effective") ketimbang Boeing punya. Delta mengikuti jejak American Airlines (AA) dalam menekan biaya operasional-nya.

CEO Delta, Ed Bastian menyampaikan bahwa keputusan untuk menon-aktikan armada Boeing 777 buka keputusan yang mudah. Bagi Delta, seri 777 memungkinkan Delta membuka rute penerbangan jarak jauh dan menjadikan maskapai ini dikenal sebagai global airline.

Jika boleh menyingkat kata, itu dulu. Kondisi sekarang. Setiap pimpinan diminta menimbang ulang terkait unit pesawat yang akan digunakan, seberapa efisien dan seberapa potensil bisa menggarap pasar. Bukan menjual nasionalisme melulu.

Perusahaan butuh uang segar, bukan sebaliknya membakar duit. Dunia bisnis tengah diuji ditengah pandemi Coronavirus dan butuh inovasi baru, selain tentunya menerapkan protokol kesehatan ato kondisi New Normal.

Ikut prihatin dan tetap menyimak kondisi industri penerbangan dimana pun berada. Wasapada, waspada, waspada.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar