Selasa, 26 Mei 2020

JT 260520 : Kapal H-L Dikarantina Diduga Corona


Sebuah kapal kontainer yang dioperasikan oleh Hapag-Lloyd (H-L), yaitu Montpellier (kapasitas 2.824 TEUs) telah ditahan oleh otoritas terkait di Durban, Afrika Selatan karena 2 (dua) kru kedapatan positif Coronavirus (Covid-19) usai menjalani test.

Kapal akan ditahan selama 14 (empatbelas) hari untuk masa karantina. H-L menyebutkan bahwa kapal Montpellier dioperasikan di servis Middle East India Africa Express (MIAX) dan tiba di Durban tgl 13/05 lalu.

H-L tengah menyiapkan penyesuaian jadual kapal dan barang2 yang diangkut. Ini adalah kali pertama kapal H-L yang tersangkut kasus Covid-19. Sebelumnya sebuah kapal barang curah mengalami hal serupa.

Bulan Maret lalu, sebuah kapal pesiar MSC Orchestra tengah berlayar menuju Durban saat pandemi mulai mewabah secara global namun penyetopan operasi kapal pesiar belum diberlakukan.

Saat tiba, dilakukan pengecekan kesehatan, semua penumpang diijinkan turun. Menteri Kesehatan Afrika Selatan, 2 (dua) minggu kemudian menyampaikan bahwa 2/3 dari total 2.800 penumpang positif Covid-19. Woooow.

Hampir semua pelabuhan di dunia mengantisipasi masuknya Coronavirus dan puluhan kapal tertambat menunggu antrian hingga pemeriksaan ketat selesai dilakukan. Dampaknya, rantai pasok mengalami gangguan cukup serius.

Semoga Covid-19 segera berlalu.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar